Kabupaten Mimika Alokasikan Dana Sharing ke Provinsi Rp 1 Miliar

Pj Sekda Mimika Petrus Yumte saat ditemui wartawan di Hotel Grand Tembaga, Senin (28/11/2022). (Foto: Aji/APN)
banner

Timika, APN – Pemerintah Kabupaten Mimika sebagai bagian dari Provinsi Baru Papua Tengah, telah mengalokasikan dana sharing untuk Provinsi sebesar Rp 1 Miliar.

“Sudah (dana sharing) kemarin dikirim untuk saja Pemerintah Kabupaten Mimika kirim 1 Miliar untuk peresmian Provinsi Papua Tengah,” kata Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika Petrus Yumte, saat ditemui wartawan di Hotel Grand Tembaga, Senin (28/11/2022).

Ditanya soal adanya kemungkinan pengalokasian anggaran untuk sharing lain demi penguatan provinsi baru Petrus menyebut semua disesuaikan dengan UU yang telah disahkan.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Marthen Malisa membenarkan jika ada dana yang dianggarkan pemkab untuk Provinsi Papua Tengah.

“Itu yang kita kirim (1 miliar) kemarin sudah,” katanya.

Dikutip dari UU 15 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Tengah pasal 16 ayat 1 disebutkan Kabupaten yang termasuk didalam Provinsi Papua Tengah sesuai dengan besaran kebutuhan dan kesanggupannya dapat memberikan hibah untuk menunjang kegiatan penyelenggaraan pemerintahan di provinsi.

Kemudian pada ayat 2 di pasal yang sama menyebut jika Provinsi Papua juga berkewajiban sama, dan hal tersebut bisa dilakukan sejak dilantiknya Penjabat Gubernur Provinsi Papua Tengah.

Penulis: AjiEditor: Sani

Tinggalkan Pesan Anda