fbpx
Umum  

Kaban Kesbangpol: AD/ART yang Jelas Penting Bagi Ormas

Ilustrasi

Timika, APN – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Mimika Yan S Purba menekankan kan pentingnya Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang jelas dalam sebuah organisasi masyarakat (Ormas).

“AD/ART ini kadang bersifat umum (tidak dijelaskan secara detail) contoh, soal pergantian ketua itu disebabkan oleh tiga hal tidak menjalankan tugas, meninggal dunia, dan mengundurkan diri, tetapi tidak dijabarkan dengan jelas,” katanya saat ditemui di gedung Eme Neme Yauware, Senin (28/2/2022).

Yan melanjutkan tidak dijabarkannya aturan secara rinci akan menyebabkan konflik di dalam ormas tersebut.

“Ada beberapa kasus itu, ketika ketua meninggal bingung siapa yang akan menggantikan, itu seharusnya dijabarkan secara rinci,” ujarnya.

Jika dijabarkan kata Yan saat akan terjadi suksesi akan lebih mudah dilakukan, konflik internal pun juga tidak akan terjadi.

“Kalau tidak dijabarkan banyak pikiran (ide) yang masuk, ah dia tidak cocok, dia cocok, kami tidak setuju, seperti itu,” jelasnya.

Yan pun menyebut sejauh ini ada sekitar 6 ormas di Mimika yang mengalami konflik soal pemilihan ketua.

“Ada sekitar 5 atau 6 tetapi saya tidak bisa menyebutkan nama ormasnya,” sebutnya.

Ditanya soal langkah yang dilakukan Kesbangpol, Yan mengatakan pihaknya tidak dapat melakukan intervensi, dan lebih kepada fasilitator agar konflik internal tersebut dapat diselesaikan.

“Kami tidak bisa intervensi, karena panglima tertinggi itu AD/ART, jadi kami hanya menyarankan untuk melakukan musyawarah, sehingga anggota secara aklamasi bisa memilih antara calon pemimpin A atau B,” tutupnya.

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: