fbpx

Jita A dan Wania A Kontra di Final Askab PSSI

Timika, antarpapuanews.com – Kesebelasan Jita A dan Wania A akhirnya melaju ke babak final turnamen sepakbola Askab PSSI dalam rangka HUT Kabupaten Mimika ke 24, setelah pada Selasa (6/10) sore di Stadion Wania Imipi SP 1, mampu mengalahkan lawannya di babak semifinal.

Kesebelaan Jita A lebih dulu meraih tiket final setelah di babak semifinal pertama mampu mengalahkan kesebelasan Distrik Mimika Barat B dengan skor tipis 1- 0. Gol semata wayang dari distrik Jita A diciptakan Fidel Rumaropen (17) di menit ke 15 babak pertama.

Sedangkan kesebelasan Wania A dibabak semifinal kedua kontra Alama B, Selasa (6/10) menang dengan dramatis melalui adu pinalti 3-2.

Semifinal pertama mempertemukan kesebelasan Jita A menghadapi kesebelasan unggulan Mimika Barat B keduanya sejak awal tampil gemilang. Ketatnya permainan bertahan dari kedua tim sejak awal, susah untuk lawan menciptakan peluang.

Distrik Mimika Barat B yang bermain tanpa ujung tombak andalannya Yan Tokeyau (7) nampak sekali daya tempur berkurang dan memasang sang kapten Simon Badugapa (14) dibarisan depan yang awalnya sebagai gelandang.

Ketatnya pengawalan dari para pemain Jita A yang dimotori oleh Edoardus Soway (7), Benediktus Romsurmre (3), Ivan Kaunang (13), Sarif Sina (18) dan Mario Bauw (6) mampu menggagalkan beberapa peluang dari Mimika Barat B.

Satu satunya gol dari Jita A dihasilkan pada menit ke 15 babak pertama, dan hingga babak kedua berakhir skor 1-0 tetap bertahan. Dengan kemenangan 1-0 atas Mimika Barat B, maka kesebelasan Jita A akan tampil di final menghadapi kesebelasan Wania A yang di partai kedua juga menang drama adu pinalti 3-2.

Wania A Taklukkan Alama B Drama Adu Pinalti 3-2

Semifinal kedua yang mempertemukan kesebelasan Wania A dan kesebelasan Alama B sangat menarik dan memukau dihadapan ratusan pendukung dari kedua kesebelasan yang berlangsung di stadion Wania Imipi SP 1.

Sejak babak pertama, kedua tim yang memiliki sama-sama kwalitas pemain, skill serta kekompakan tim mampu menyuguhkan permainan menyerang dari kedua tim. Jual beli serangan sejak babak pertama hingga babak kedua berakhir terjadi, dan kondisi lapangan yang masih tergenang becek di beberapa titik memang menjadi hambatan kepada kedua tim untuk bermain bola-bola pendek dari kaki ke kaki.

Kesebelasan Wania A yang menurunkan skuad terbaikya diabwah asuhan Matheus Bedes, seperti, Anton Bame (85), Hamid Farah (5), Isak Rumbino (10), Mikel Kodey (3), Isak Manuri (19), Yorsen Beide (12) dan Roladn Simon (77) dan penjaga gawang Boy Kabery sebenarnya beberapa kali memiliki peluang namun selalu gagal di barisan pertahanan Alama B.

Para pemain Alama B yang menurunkan formasi terbaiknya seperti penjaga gawang Erniyus Yatanea (20), Yafet W (18), Agustinus Moyau (4), Alo Tomatipi (2), Andreanus Onawame (21), Plasidus Akimuri (23), Charles Akimury (9) serta Cristopel Tarapea (10) juga beberapa kali mampu merepotkan barisan pertahanan Wania A.

Walaupun kedua kesebelasan berusaha secara keras untuk mencuri gol, namun hingga babak kedua, keduanya tak mampu menciptakan gol hingga berakhir skor tetap 0-0 bertahan dan dilanjutkan dengan adu pinalti.

Wania A mampu memenangkan pertandingan lewat drama adu pinalti ini setelah dari lima penendangnya tiga berhasil mengeksekusi dan dua pemain gagal. Tiga pemain Wania yang berhasil menciptakan gol adalah, Roland Mandowen (77), Isak Rumbino (10), Isak Manury. Walaupun Wania A masih menyisahkan satu penendang yaitu Mikel Kodey (3) , namun selisih gol sudah unggul sehingga tidak melanjutkan tendangan pinalti.

Sementara kesebelasan Alama B dari lima penendangnya, hanya dua yang berhasil mengeksekusi pinalti yaitu, Yafet W (18) dan Adrianus Onawame (21), sedangkan tiga pemain yang gagal adalah, Cristopel Tarapea (10), Charles Akimuri (9), dan Agustinus Moyau (4).

Dengan kemenangan 3-2 atas Alama B ini, kesebelasan Wania A memastikan tampil di final menghadapai kesebelasan Jita A untuk memperebutkan juara Pertama dan kedua. Sedangkan kesebelasan Alama B akan memperebutkan juara III dan IV dengan kesebelasan Mimika Barat B, yang akan dipertandingkan pada , Rabu (7/10) besok sore. (Mrc)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: