fbpx

Jelang PON XX, Bidang Sosial-Ekonomi Sub PB PON XX Mimika, Berikan Pelatihan Kepada UMKM

Timika, APN – Bidang Sosial dan Ekonomi Sub PB PON XX Klaster Mimika memberikan pelatihan kepada pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Mimika.

Suasana Pelatihan UMKM bidang sosial-ekonomi Sub PB PON XX Klaster Mimika

Koordinator Bidang Sosial dan Ekonomi Sub PB PON XX Klaster Mimika yang juga Kepala Dinas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Mimika Dwi Cholifah mengatakan PB PON XX Papua dan Sub PB PON XX Klaster Mimika percaya jika pelaksanaan akan sukses penyelenggaraan, juara dan ekonomi.

“Sukses ekonomi artinya pelaksanaan PON XX dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Papua, khususnya Mimika,” katanya.

Berbagai persiapan kata Dwi sudah dilakukan mulai dari infrastruktur, venue, bandara, jalan, hingga pemberdayaan ekonomi lokal salah satunya adalah UMKM.

“PON XX akan meningkatkan potensi ekonomi kreatif dan UMKM di Kabupaten Mimika, sehingga pelatihan perlu dilakukan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam proses bisnis UMKM,” ungkapnya.

Pelatihan yang dilaksanakan kata Dwi bertujuan memberikan kesempatan bagi UMKM Mimika dalam berpartisipasi dalam gelaran PON XX. Sehingga pemasukan bagi UMKM dapat meningkat, dan promosi produk lokal Mimika baik produk kuliner dan non kuliner seperti kerajinan tangan, ukiran, patung dan noken.

“Peserta yang hadir berjumlah 47 kelompok kuliner dan non kuliner 53 kelompok, pelatihan akan dilangsungkan selama tiga hari, mulai 8-10 September 2021,” tuturnya.

Sementara itu Bupati Eltinus Omaleng yang ikut hadir untuk membuka pelatihan memberikan apresiasi kinerja bidang Sosial dan Ekonomi Sub PB XX PON Klaster Mimika yang dapat mengumpulkan banyak UMKM.

“UMKM memegang peranan penting sebagai sektor yang potensial untuk menjaga stabilitas ekonomi, karena UMKM mempunyai keterlibatan terhadap angkatan kerja dan kesejahteraan masyarakat sehingga UMKM dianggap sebagai tulang punggung ekonomi nasional,” ungkapnya.

Menurut Bupati upaya pengembangan dan pemberdayaan UMKM banyak mendapat perhatian dari berbagai pihak, karena besarnya potensi ekonomi. Maka dari itu ia mendukung adanya pelatihan yang dilakukan. (Aji)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: