Jelang HUT RI, 200 Meter Bendera Merah Putih Terbentang di Kampung Nawaripi - Antar Papua News -
Berita  

Jelang HUT RI, 200 Meter Bendera Merah Putih Terbentang di Kampung Nawaripi

Warga Nawaripi saat membentangkan bendera merah putih sepanjang 200 meter di Kampung Nawaripi, Jumat (29/7/2022). (Foto: Istimewa)

Timika, APN – Jelang HUT RI ke 77, pemerintah Kampung Nawaripi bersama masyarakat membentangkan 200 meter bendera merah putih dan kibarkan bendera merah putih di 1.000 tiang di sepanjang jalan Kampung Nawaripi, Jumat (29/7/2022).

Kepala Kampung Nawaripi, Norbertus Ditubun mengatakan, Kampung Nawaripi lebih awal untuk pemasangan bendera merah putih karena antusias warga menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia.

“Tahun ini kita merah putihkan kampung dan semua RT, dengan semboyan NKRI harga mati dan Merah Putih, Yes…yes…yes! Kita mau bahwa masyarakat Nawaripi cinta Indonesia dan cinta NKRI. Jadi Bendera merah putih harus dipasang di semua sudut kampung Nawaripi,” Norman saat dihubungi APN melalui sambungan telepon, Sabtu (30/7/2022).

Norman menjelaskan, pemasangan bendera merah putih adalah tradisi Kampung Nawaripi jelang HUT RI tiap tahunnya. Hal itu dilakukan untuk mengenang jasa-jasa pejuang yang turut merebut kemederkaan dari tangan para penjajah.

“Juga secara khusus mengenang dua pejuang pembela NKRI yakni, Yohanes Aikawe dan Leo Urmami. Apalagi dua pejuang ini asal dari suku Mimika Wee yang diabadikan sebagai pejuang Merah Putih, jadi kita jaga nama baik mereka dan kita tunjukkan bahwa orang Mimika Wee yang ada di Nawaripi cinta dan pertahankan kemerdekaan negara ini,” jelas Norman.

Norman mengatakan, semua bendera-bendera tersebut dibeli dengan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2022. Selain pemasangan bendera, untuk memeriahkan HUT RI, Kampung Nawaripi juga akan mengadakan lomba untuk 17 Agustus. Salah satunya adalah lomba band yang akan mengundang kelompok band di Mimika serta lomba menyanyi lagu perjuangan dan penghayatan Pancasila untuk Orang Asli Papua (OAP).

Penulis: AnisEditor: Sani
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: