fbpx

Jelang Akhir Tahun 2021, Pencaker Mimika Meningkat

Gingsul.com
Ilustrasi

Timika, APN – Pencari Kerja (Pencaker) di Kabupaten Mimika di tahun 2021 meningkat dibandingkan dua tahun sebelumnya.

Kepala Seksi Informasi Pasar Kerja pada Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Mimika, Martina Amarairu menerangkan jumlah pencaker di Mimika sejak Januari hingga Desember 2021 sebanyak 7.453 orang.

“Pencaker kita di Mimika lebih banyak warga non Papua, dibandingkan pencaker yang merupakan orang asli Papua sangatlah sedikit,” katanya saat ditemui wartawan, di salah satu hotel yang terletak di Jalan Budi Utomo, Selasa (21/12/2021).

Menurut Martina setiap hari jumlah pencaker di Mimika mulai dari 20 hingga 30 orang bahkan lebih.

“Kalau ada perusahaan yang membuka lowongan itu malah pencaker itu banyak sekali, apalagi kalau PT Freeport, semua kan tujuannya kesana, jadi banyak pencaker yang membuat kartu kuning sebagai persyaratan lamaran kerja,” katanya.

Jumlah pencaker tahun 2021 diakui Martina meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, atau dalam dua tahun terakhir, jumlah pencaker di Kabupaten Mimika di tahun 2020 sebanyak 3.600 orang.

“Dua tahun terakhir pencaker kita sedikit mungkin karena adanya pandemi Covid-19 ini yang membuat perusahaan tidak membuka lowongan. tetapi karena pandemi kemarin banyak perusahaan yang mengurangi tenaga kerja, mungkin itu yang jadi penyebab tahun ini pencaker kita meningkat,” tutupnya.

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: