fbpx
Agama  

Jajaran TNI-POLRI akan Lakukan Pengamanan, Selama Ramadan

ilustrasi

Timika, APN – Jajaran TNI-Polri akan melakukan pengamanan di Masjid selama bulan suci ramadhan 1443 Hijriah.

Kegiatan pengamanan yang dilakukan petugas selama bulan Ramadan terbagi menjadi yakni pada pelaksanaan salat tarawih dan subuh.

“Hal ini tentunya agar mereka bisa beribadah dengan nyaman,” terang Kapolres Mimika, AKBP. I Gusti Gde Era Adhinata kepada awak media saat ditemui di Jl. Cenderawasih Gang Weyapo, Mimika Papua. Jum’at (1/4/2022).

Pengamanan kata Era bertujuan untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif di Kabupaten Mimika selama bulan Ramadan berlangsung.

Era melanjutkan dalam melakukan pengamanan tentu membutuhkan kerjasama dengan elemen-elemen masyarakat.

Era mengaku tak akan khawatir tentang hubungan antar umat beragama di Kabupaten Mimika. Hal itu diungkapkan Era dengan adanya nilai-nilai toleransi yang ditunjukkan disetiap elemen masyarakat pada perayaan hari-hari besar keagamaan.

“Dengan hubungan dan kerjasama antar umat beragama di Timika saya tidak terlalu khawatir karena seperti biasanya masing-masing umat bisa mengamankan ibadah dari umat yang lain yang sedang beribadah,” tuturnya.

Sementara itu, dilansir dari Kompas.com, sebelumnya, ormas Islam Muhammadiyah telah lebih dulu menetapkan puasa Ramadhan tahun 2022 akan dimulai pada 2 April 2022.

Penetapan jadwal puasa dilakukan melalui Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah.

Penetapan awal Ramadhan 1443 Hijriah tersebut berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Seperti biasanya, elemen-elemen masyarakat dari berbagai kalangan di setiap tahunnya selalu berpartisipasi bersama jajaran TNI POLRI sebagai bentuk toleransi dengan membantu melakuka  pengamanan di berbagai jenis ibadah antar umat beragama di Kabupaten Mimika.

Writer: Wahyu/AnisEditor: Aji

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: