fbpx

Institut Pertambangan Nemangkawi Berikan Pelatihan Soft Skill Kepada Guru SMK

Timika, APN – PT Freeport Indonesia melalui Nemangkawai Mining Institute bekerjasama dengan PT United Tractors memberikan pelatihan keterampilan karakter kepada guru-guru SMK se Mimika.

Suasana Pelatihan Soft Skill di Kampus Politeknik Amamapare, Mimika

Senior Manager Institut Pertambangan Nemangkawi, Soleman Faluk menjelaskaj keterampilan life skill yang dimaksud berhubungan soft skills, yang isinya nilai-nilai karyawan dalam sebuah industri terutama nilai-nilai dalam PTFI.

Lanjutnya, fokus pelatihan diberikan kepada guru bimbingan konseling dan kesiswaan agar bisa mentransfer ilmu kepada siswa sehingga siswa dapat merubah perilaku dan pemikiran menjadi lebih baik sesuai dengan nilai-nilai dunia Industri atau kerja.

“Nilai-nilai itu seperti bagaimana menghargai orang, berkomunikasi yang baik, bagaimana bisa merespon orang dengan baik, jika nilai ini diajarkan di sekolah tentunya lulusan SMK siap dipakai untuk bekerja,”  ungkap Soleman saat ditemui wartawan di sela kegiatan, Rabu (25/8/2021).

Dalam dunia industri terdapat 3 nilai penting yang perlu diketahui kata Soleman selain pengetahuan dan keterampilan yakni karakter atau perilaku. Sebab meskipun memiliki keterampilan dan pengetahuan yang baik tetapi karakter yang baik, siswa juga tidak akan berkembang di dunia industri.

“Kami melakukan pelatihan ini untuk meningkatkan karakter atau perilaku karena karakter yang baik, merupakan nilai yang paling penting dalam dunia industri, misal ada karyawan kami yang seharusnya masuk senin, tetapi malah menambah hari liburnya, akhirnya absen kerja, itu yang tidak bisa di dunia industri,” tutunya.

Ia menambahkan untuk mengimplementasikan aspek-aspek tersebut tidaklah mudah, karenanya guru harus memiliki keterampilan yang baik terlebih dahulu, sehingga bisa menerapkan aspek tersebut kepada siswa- siswa agar dapat mencetak lulusan terbaik yang siap dipakai di dunia kerja.

Sementara itu Ketua Musyawarah Kepala-Kepala Sekolah (MKKS) Mimika, John Lemauk mengatakan pelatihan life skill diharapakan terus di tingkatkan untuk meningkatkan SDM di Kabupaten Mimika. Ia juga memberikan apresiasi kepada PTFI yang terus berkomitmen membantu mengembangkan Sumber Daya Masyarakat (SDM) di Kabupaten Mimika terutama di bidang pendidikan SMK.

“Diharapkan adanya pelatihan soft skills ini bisa membantu mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Mimika terutama Siswa SMK dan guru,” ungkapnya. (Aji)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: