fbpx

Ini, Peran Strategis Mimika Dalam Perekonomian Provinsi Papua

Timika, APN – Kabupaten Mimika memiliki peran yang strategis dalam perekonomian Provinsi Papua sepanjang tahun 2020.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Wilayah Papua, Naek Tigor Sinaga mengatakan Mimika menyumbang 31,6 persen dari total Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Papua dengan pertumbuhan tahunan tertinggi sebesar 11,5 persen dari tahun ketahun, dibandingkan tahun 2019.

“Kabupaten Mimika juga menghasilkan PAD sebesar 310 Miliar atau 13,5 persen dari total PAD Provinsi Papua,” jelasnya dalam kegiatan diseminasi perekonomian Papua terkini dan percepatan digitalisasi daerah. Senin (29/3/2021) malam.

Lanjutnya, perputaran dana masyarakat yang disimpan dalam bentuk dana pihak ketiga di perbankan mencapai angka 6,5 Triliun atau 14,06 persen dari total DPK Papua pada februari 2021.

Penyaluran kredit di Kabupaten Mimika baru mencapai angka 2,9 Triliun atau sebesar 8,8 persen dari total kredit Provinsi Papua.

“Kalau dari data, Loan to Deposit Ratio Kabupaten Mimika tercatat sebesar 4,61 persen, atau masih tergolong rendah bila dibandingkan tingkat di Papua sebesar 71,16 persen atau juga dengan nasional 81,54 persen,” paparnya.

Guna meningkatkan angka Loan to deposit Ratio tersebut kata Naek, Kabupaten Mimika harus melakukan identifikasi pada sektor-sektor produktif lainnya di luar sektor pertambangan.

“Sektor lain harus mulai digenjot, seperti sektor perikanan dan pertanian yang apabila diberdayakan lebih terarah dan terintegrasi akan menjadi sumber ekonomi baru,” ucapnya. (Aji-cr01)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: