fbpx
Berita  

Ikemal Gelar HUT Pattimura Ke-205 dan Halal Bihalal

Asisten I Bidang Pemerintahan, Yulianus Sasarari saat tengah menyerahkan obor HUT Pattimura kepada Ketua Kerukunan Keluarga Maluku Utara (KKMU) di pelataran Graha Eme Neme Yauware. Jum'at (27/5/2022). Foto: (Wahyu/APN).

Timika, APN – Ikatan Keluarga Besar Maluku (IKEMAL) Kabupaten Mimika menggelar syukuran HUT Pattimura ke 205 sekaligus Halal Bihalal Idul Fitri 1443 Hijriah / 2022 Masehi di pelataran Graha Eme Neme Yauware. Jum’at (27/5/2022).

Diketahui, bulan Mei merupakan bulan paling bersejarah bagi rakyat Maluku untuk merefleksikan kembali perjuangan Thomas Matulessy sekaligus mengenang jasa pahlawan yang akrab dikenal dengan nama Kapitan Pattimura.

Pantauan antarpapuanews.com di lapangan, kegiatan ini dihadiri oleh jajaran forkopimda Kabupaten Mimika, perwakilan pemerintah daerah Kabupaten Mimika dan ribuan masyarakat Maluku dari 21 Kabupaten dan Kota di kepulauan Maluku yang berdomisili di Kabupaten Mimika.

Ketua panitia kegiatan, Antonius Welerubun kepada wartawan mengatakan, kegiatan tersebut mestinya dilaksanakan pada tanggal 15 Mei 2022 lalu, namun lantaran perihal waktu sehingga baru dapat dilaksanakan hari ini.

“Seharusnya ini kita selenggarakan pada tanggal 15 Mei, namun berhubung karena kesibukan dan lain-lain sehingga kita baru bisa laksanakan hari ini, yang dirangkai sekaligus dengan halal bihalal,” terang Antonius.

Kegiatan ini dikatakan Antonius bukan yang pertama kalinya digelar tetapi sudah digelar beberapa kali di tahun-tahun sebelumnya dan masing-masing kerukunan dari berbagai Kota Kabupaten yang tergabung dalam Ikemal mendapat giliran sebagai penyelenggara.

“Tahun sebelumnya kan dari kerukunan Dobo (Kabupaten Kepulauan Aru), tahun ini mereka tunjuk kerukunan Kei yang selenggarakan, rencana tahun depan keluarga Maluku Utara (Ternate),” kata Antonius.

Dalam acara tersebut, sejumlah tarian adat dari beberapa suku di Maluku turut disajikan untuk menyambut para tamu undangan sekaligus mengisi rangkaian acara tersebut. Seperti tarian adat dari Kepulauan Kei, Maluku Tenggara, Tanimbar, dan beberapa daerah dari Maluku lainnya.

Selain itu, perwakilan pemerintah yang hadir dalam kegiatan tersebut yakni Asisten I Bidang Pemerintahan, Yuliunus Sasarari mendapat kesempatan untuk membakar obor induk 205 tahun HUT Pattimura yang diletakkan di depan panggung utama sekaligus membuka acara secara resmi.

Perwakilan pemerintah yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan, Yulianus Sasarari menyampaikan permohonan maaf dari Bupati Kabupaten Mimika yang tidak sempat menghadiri acara tersebut dengan alasan sedang ada kesibukan lain.

Menurut Sasarari, Pattimura adalah salah satu pahlawan nasional yang telah berjuang melawan penjajah. Maka tekad, semangat dan perjuangan Pattimura dalam mengusir penjajah serta merebut kemerdekaan hendak menjiwai sanubari generasi penerus perjuangan dan generasi pengisi kemerdekaan.

“Tekad, semangat dan perjuangan kita semua sebagai Pattimura-pattimura muda saat ini adalah menjaga, merawat dan menjahit Kebhinekaan Indonesia untuk tetap bersatu dalam bingkai NKRI, serta mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh Pattimura dan para pahlawan kemerdekaan melalui pembangunan dengan cara membebaskan rakyat dan bangsa kita dari kemiskinan, kebodohan dan berbagai ketertinggalan,” tandas Sasarari dalam sambutannya.

Melalui momen tersebut, Sasarari juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Mimika khususnua warga Maluku untuk bersama-sama menjaga persatuan, keamanan dan ketertiban agar pembangunan di Kabupaten Mimika terus berjalan dengan baik dan maksimal.

“Saya juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Maluku di Kabupaten Mimika yang sudah mendukung pemerintah dalam menciptakan suasana yang aman, damai dan harmonis sehingga layanan pemerintah dan pembangunan terus berjalan dengan baik dan lancar,’ kata Sasarari.

Kegiatan HUT Pattimura serta halal bihalalyang dilaksanakan ini diharapkan dapat mempererat persatuan dan kesatuan, toleransi dan kerja sama diantara seluruh masyarakat di Kabupaten Mimika, khususnya rakyat Maluku yang menjunjung tinggi semboyan; “Potong di kuku rasa di daging,” yang memiliki arti; “Ale rasa beta rasa”.

“Mengakhiri sambutan ini, atas nama pemerintah Kabupaten Mimika saya menyampaikan selamat Idul Fitri 1443 hijriah dan selamat merayakan HUT Pattimura ke-205 tahun 2022,” ungkap Sasarari.

“Pattimura tua boleh mati, tetapi akan bangkit pattimura-pattimura muda untuk meneruskan perjuangan, lawamena haulala, maju terus pantang mundur,” tutupnya.

Acara HUT Pattimura ke 205 dan Halal Bihalal Ikemal Kabupaten Mimika kemudian ditutup dengan hiburan-hiburan.

Writer: WahyuEditor: Sani

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: