fbpx

IBF Series Mimika Mulai Dibuka

Timika, APN – Indonesia Basketball Festival (IBF) secara resmi berlangsung di Kabupaten Mimika.

Seri yang digelar di Mimika merupakan yang pertama dari total lima seri yang akan digelar diseluruh Indonesia.

Ketua Umum Persatuan Basket Seluruh Indonesia Danny Kosasih mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung termasuk Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika sehingga iven dapat terselenggara.

“Kenapa seri pertama ini dilaksanakan di sini (Mimika) karena kami percaya di Papua ini banyak bibit-bibit (pemain basket muda) yang dapat digali untuk bisa menjadi kekuatan di Tim Nasional Muda Basket Indonesia dimasa mendatang,” ujarnya dalam pembukaan Indonesia Basketball Festival seri Mimika di Mimika Sport Complex (MSC), Jumat (7/1/2022).

Danny menambahkan bukti dari talenta muda Papua adalah adanya dua pemain yang telah berhasil membela timnas Indonesia.

“Saya berharap adanya seri ini, kami (Perbasi) bisa melihat talenta-talenta muda Papua,” ungkapnya.

Selanjutnya, mewakili Bupati Mimika, Assisten II Syahrial mengatakan dilaksanakannya Indonesia Basketball Festival di Mimika tidak terlepas dari adanya sarana prasarana yang mendukung.

“Pemerintah daerah terus mendukung perkembangan olahraga di Mimika, hal ini dibuktikan dengan pembangunan sarana dan prasarana yang memadai agar ada altet muda berbakat di Mimika,” katanya.

Sementara itu,PT Freeport Indonesia yang diwakili oleh VP Security & Risk Management PT Freeport Indonesia Arief Nasuha mengatakan kegiatan dapat terselenggara karena adanya peran serta dan dukungan PTFI untuk menyambut FIBA Asia Cup Indonesia tahun 2022 dimana Indonesia sebagai tuan rumah.

“PTFI memiliki komitmen terhadap pengembangkan olah raga di Papua, salah satunya adalah dengan dibangunnya fasilitas olah raga Mimika Sport Complex (MSC) ini. Kiranya dukungan Freeport Indonesia untuk pengembangan olah raga di Papua dapat melahirkan lebih banyak talenta-talenta muda Papua di bidang olah raga, baik sepakbola, atletik, maupun basket yang dapat membawa harum Papua di kancah pertandingan baik di tingkat nasional maupun internasional,” ungkapnya.

Arief juga berharap dengan adanya penyelenggaraan Indonesia Basketball Festival (IBF) dapat membuat olahraga basket lebih populer lagi di Mimika.

“Kiranya penyelenggaraan Indonesia Basketball Festival (IBF) dapat lebih memasyarakatkan basket di Indonesia, khususnya di Papua. Dan harapan kami, akan lebih banyak lagi talenta-talenta muda Papua yang membawa harum Papua untuk Indonesia melalui olah raga ini,” ucapnya.

Senada dengan perwakilan PTFI, Bank Mandiri selaku sponsor yang diwakili Kepala Cabang Utama PT. Bank Mandiri KC. Timika Dagomes Lein menyampaikan turnamen yang digelar merupakan inisiatif yang baik dari perbasi sekaligus apresiasi kepada atlet muda Mimika dan Papua untuk bisa mengembangkan kemampuan diri.

Pada laga pembukaan tersebut dari pool putri tim Kalaburin berhasil mengalahkan Bushgirl dengan skor 22-14.

Writer: AjiEditor: Aji

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: