fbpx
Umum  

Hujan Sedang Hingga Lebat Siap Melanda Timika, Ini Saran BMKG Mimika

Timika, APN – Perlu diketahui untuk Wilayah Timika dan sekitarnya bahwa dua hingga tiga hari ke depan, warga Mimika diminta waspada karena akan terjadi hujan pada sore hingga malam hari dalam kualitas sedang hingga lebat.

“Bahkan terukur, sepanjang dua hari ini curah hujan di wilayah Timika mencapai lebih dari 100 mili meter (mm) per hari. Artinya bahwa pada saat hujan lebih dari 100 mm per hari maka itu masuk dalam kategori sangat lebat dan artinya juga bahwa selama dua hari belakangan ini terjadi hujan sangat lebat di seluruh wilayah Timika,” jelas Forecaster atau Prakirawan Cuaca Badan Meterologi Klimotoligi Geofisika (BMKG) Timika, Tesla Kadar Dzikiro saat ditemui Wartawan di ruang kerjanya, Senin (29/03).

Tesla Kadar Dzikiro,  Forecaster / Prakirawan Cuaca BMKG Timika. (Foto: Anis_APN)

Inilah yang perlu diwaspadai, ujar Tesla bahwa apa yang menyebabkan cuaca di wilayah Timika terjadi hujan dengan intensitas yang hingga lebat karena adanya pertemuan masa udara.

Jadi, udara itu seperti air, kata Tesla, kalau air bertemu dari arah manapun akan tertumpuk menjadi satu kemudian kalau udara akan naik menjadi awan dan kebetulan pertumpukan masa udara ini terjadi di wilayah Timika.

Tesla juga mengatakan bahwa efeknya akan terjadi banyak awan-awan konvetik di seputaran Timika, itu awan yang menyebabkan hujan lebat dan angin serta petir.

Perlu diwaspadai untuk tiga hari mendatang oleh masyarakat Timika, karena masih terjadi potensi hujan dengan intensitas hujan lebat dan petir karena adanya fenomena pertemuan masa udara atau konvergensi.

Hal ini menyebabkan situasi untuk tiga hari kedepan cukup buruk, sehingga masyarakat perlu mewaspadai, karena adanya potensi hujan dengan intensitas hingga lebat dan disertai angin kencang.

“Lebih spesifik lagi untuk besok hari, selasa tanggal 30, karena menurut prediksi dari BMKG, bahwa di wilayah Timika bagian pegunungan, seperti Wilayah Jila dan Tembagapura masuk dalam kategori waspada. Artinya perlu diwaspadai akan terjadi potensi cuaca buruk dan bisa turun ke wilayah Kota Timika,” jelasnya.

Lanjutnya bahwa, untuk tiga hari kedepan perlu diwaspadai karena masih berpotensi hujan untuk satu minggu kedepan bahwa potensi hujan masih terjadi di sore hingga awal malam hari, tetapi dengan intensitas yang berkurang dari hari-hari sebelumnya.

“Umumnya, satu minggu kedepan diprediksi bahwa di wilayah Timika masih cenderung hujan merata dari Mimika Barat Jauh hingga mimika pegunungan tetapi rata-rata hujannya terjadi sore hari hingga malam hari,” terangnya. (Anis-Cr02)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: