fbpx

Hari ini, 91 Tenaga Kesehatan Puskesmas Kwamki Lakukan Vaksinasi

Timika, APN – Vaksinasi Gelombang Pertama khusus tenaga kesehatan kembali dilanjutkan, sebanyak 91 Tenaga Kesehatan khususnya di Puskesmas Kwamki melaksanakan vaksinasi. Vaksinasi tersebut dilaksanakan di Kantor Puskesmas Pembantu Sukacita, Kwamki Narama, Senin (25/1).

Kepala Puskesmas Kwamki, dr. Armin mengatakan ini adalah vaksinasi covid-19 pertama yang dilakukan oleh Puskesmas Kwamki, sementara berdasarkan data total tenaga kesehatan di Puskesmas Kwamki adalah 94 namun hanya 91 yang menjadi sasaran vaksinasi.

Dari 91 itu, yang terdaftar (menerima vaksinasi hari ini) 68 dan yang tidak sebanyak 23 tenaga kesehatan,” jelasnya.

Armin melanjutkan teknis pelaksanaan vaksinasi dibagi menjadi empat sesi, dimana setiap sesinya dilakukan vaksinasi terhadap 20 orang tenaga kesehatan.

Kemudian dalam prosesnya akan dibagi menjadi empat tahapan yakni pendaftaran, skrining, vaksinasi, dan pra vaksinasi.

Untuk pendaftaran ada 2 tenaga, skrining ada 3 tenaga kesehatan (dua dokter, satu perawat), petugas vaksinasi ada 2 tenaga, dan terakhir ada 4 tenaga untuk observasi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dan pelaporan,” paparnya.

Ditanya mengenai kesiapan melakukan vaksinasi terhadap masyarakat (Kwamki) juga sosialisasinya, Armin mengaku pihaknya sudah mulai melakukan sosialisasi dengan cara bekerjasama lintas sektor.

Jadi kami (Puskesmas Kwamki) melibatkan Kepala Distrik, Kepala Kampung, Tokoh Adat, Masyarakat dan Agama, jadi Lintas sektor,” ujarnya.

Armin menambahkan terkait dengan penolakan, menurutnya pro dan kontra dalam vaksinasi pasti tetap akan terjadi di setiap wilayah. Maka dari itu, pendekatan kepada tokoh yang ada di masyarakat akan menjadi kunci sukses vaksinasi. (Aji-cr01)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: