Harga Emas di Mimika Anjlok, Berikut Ulasannya - Antar Papua News -

Harga Emas di Mimika Anjlok, Berikut Ulasannya

Penjualan emas di salah satu toko emas di Jl. Bougenville, Mimika Papua,Senin (25/7/2022). (Foto: Wahyu/APN)

Timika, APN – Harga emas di Kabupaten Mimika per Senin (25/7/2022) mengalami penurunan sejak tanggal 20 Juli 2022 lalu. Penjual menjelaskan, turunnya harga emas diduga dipengaruhi oleh nilai tukar rupiah terhadap dollar.

Sejumlah Toko Emas di Jl. Bougenville Saat ditemui antarpapuanews.com, beberapa pedagang mengaku harga emas yang awalnya Rp.910.000 hingga Rp.925.000 kini turun menjadi Rp.900.000 per gramnya.

Toko-toko emas tersebut adalah Toko Emas Rezky, Toko Emas Cenderawasih dan Toko Emas Indah 2.

“Lagi turun sih dari Rp.910.000 jadi Rp.900.000, belum sampai satu Minggu ini turunnya, kalau masalah penyebabnya belum tau,” ujar Rizal, Karyawan Toko Emas Cenderawasih.

Selain Rizal, Putri, karyawan Toko Emas Rezky juga turut mengungkapkan hal yang sama. Putri menduga turunnya harga emas tersebut mengikuti nilai tukar Rupiah terhadap Dollar. Tidak hanya Putri, pemilik Toko Emas Indah 2 saat ditemui juga menuturkan hal yang sama.

“Kalau harga emas kadang ikut dollar, tergantung nilai tukar rupiah terhadap dollar,” kata Ibu Indah.

Sementara itu, Pegadaian Cabang Timika juga mencatat, sudah sejak tiga minggu terkahir harga emas terdapat kecenderungan untuk turun. Dari data yang dimiliki Pegadaian Cabang Timika, harga emas sempat mengalami kenaikan pada hari Sabtu, 23 Juli 2022.

“Kalau hari ini saya belum update tapi kayaknya masih sama untuk harga emas, yaitu di angka Satu jutaan untuk emas Antam dan UBS yang bersertifikat,” kata Kepala Kantor Pegadaian Cabang Timika, Yohanes Narahawarin.

Anjloknya harga emas ini kata Yohanes bisa saja dipengaruhi oleh banyak faktor. Selain nilai tukar Rupiah terhadap Dollar yang bisa saja melemah, banyaknya emas di pasaran akibat dari hal-hal tertentu juga sangat mempengaruhi.

“Banyak faktor yang pengaruhi tapi yang turun itu mungkin ada penguatan dollar di Amerika juga bisa, atau faktor orang sibuk haji juga bisa, tapi ini memang kondisi mungkin orang melepas banyak emasnya untuk kebutuhan-kebutuhan lain-lain, perang Rusia dengan Ukraina juga bisa pengaruh, dia punya stoknya mungkin bisa dilepas itu kan berpengaruh juga, makanya orang lakukan pemborongan makanya harga emas lagi turun, tapi sebelumnya kan harga emas lagi naik-naiknya,” kata Yohanes.

Kendati demikian, kata Yohanes harga masing-masing berat emas berbeda-beda. Ia juga menambahkan, semakin besar berat emas, harga emas justru bisa saja turun. Hal itu dihitung berdasarkan spekulasi emas serta untung dan rugi emas itu sendiri.

Ia juga menambahkan, harga emas Antam dan UBS sejatinya sama atas pertimbangan kualitas emas hasil olahan kedua perusahaan tersebut sama. “Tapi itu harga di pegadaian ya, kalau di luar (toko emas) kan tetap,” ujarnya.

Penulis: WahyuEditor: Sani
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: