fbpx

Harga Cabai dan Tomat Melonjak

Salah satu penjual sembako bernama Jasrah di Pasar Sentral. (Foto: Abi/APN)

Timika, APN – Harga cabai di Pasar Sentral Timika, Papua melonjak naik dari harga sebelumnya seharga Rp50 ribu perkilo kini naik menjadi Rp70 ribu perkilonya.

Selain harga cabai, harga tomat juga mengalami kenaikan sebesar Rp10 ribu, sebelumnya harga tomat di jual dengan harga Rp40 ribu perkilonya kini naik menjadi Rp 50 ribu perkilonya.

“Kalau harga rica naik, jadi saya jual sekilo Rp 75 ribu, begitu juga dengan tomat saya naikkan jadi Rp 50 ribu per kilonya,” kata salah satu pedagang bumbu bernama Jasrah.

Jasrah mengaku ketersediaan rica dan tomat juga sedang kosong hal itulah yang menjadi penyebab kenaikkan harga rica dan tomat, terlebih kedua bahan tersebut dikirim dari Kabupaten tetangga seperti Merauke, Jayapura.

Sementara untuk tomat biasanya didatangkan dari luar Timika, seperti dari Bula (Maluku) dan pulau Jawa mengalami keterlambatan pengiriman.

“Stok menipis karena rica dikirim keluar Timika, kalau tomat itu terlambat dikirim,” ungkap Aziz salah satu pedagang lainnya.

Bahkan harga cabai di pengecer bisa capai Rp100.000 perkilonya. Sementara untuk pengencer harga cabai bisa di pasaran mencapai Rp100 ribu perkilonya sementara tomat bisa mencapai Rp60 ribu perkilonya.

Walaupun harga cabai dan tomat mengalami kenaikan harga, warga tetap membeli untuk memenuhi kebutuhan.

“Kalau di pengecer itu bisa dijual Rp100.000 tapi banyak pembeli karena butuh,” tutupnya.

Writer: AbiEditor: Aji

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: