fbpx
Umum  

Hanya Jenis Ikan Baramundi dan Kakap Merah yang Dibutuhkan di PON XX

Timika, APN – Berdasarkan rapat Dinas Perikanan Kabupaten Mimika dengan penyedia konsumsi resmi PON XX Pangansari Utama dan bidang konsumsi, hanya dua jenis ikan yang akan disediakan dalam perhelatan PON XX di Mimika.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mimika Leentje Siwabessy

“Kemarin kita rapat itu dengan pangansari utama dan bidang konsumsi, ternyata yang dibutuhkan tidak semua ikan, hanya dua jenis yakni Baramundi dan Kakap merah,” ujar Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mimika, Leentje Siwabessy, saat ditemui wartawan di Kantor Pembudiayaan Ikan, Dinas Perikanan, Sp13, Jumat (27/8/2021).

Lanjutnya, jumlah kebutuhan dua jenis ikan tersebut masih akan didiskusikan kembali dalam rapat lanjutan.

“Khusus kebutuhannya kita akan rapat lagi dengan mereka (Bidang Konsumsi dan Pangan Sari Utama) kira-kira berapa yang dibutuhkan, sehingga kita bisa mempersiapkannya jadi ketersediaan ada,” jelasnya.

Khusus bahan ikan yang akan disajikan dalam gelaran PON XX menurut Leentje harus ikan yang segar dan penyajiannya harus diiris tipis (fillet).

Setelah rapat lanjutan, Leentje berjanji akan mengumpulkan nelayan dan pengusaha ikan lokal di Mimika.

“Nanti kita pastikan berapa yg dibutuhkan  berapa banyak dalam sehari baru kita akan kumpulkan pengusaha dan nelayan lokal, jangan smpai saya bilang siap semua, satu dua hari oke, hari ketiga ngos-ngosan kita untuk memenuhi kebutuhan, jadi kita akan pastikan semua,” ungkapnya.

Leentje menambahkan dari segi fasilitas Dinas Perikanan Kabupaten Mimika siap karena cool storage atau alat pendingin agar ikan tetap segar setelah ditangkap sudah tersedia, bahkan tempat pengolahan ikan pun sudah memenuhi sertifikasi standar dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia. (Aji)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: