Gedung Perpustakaan SMP N 9 Timika Diduga Dibakar ODGJ – Antar Papua News -

Gedung Perpustakaan SMP N 9 Timika Diduga Dibakar ODGJ

Kondisi gedung perpustakaan SMP Negeri 9 Timika Timika. (Foto: Istimewa) 

Timika, APN – Gedung perpustakaan milik SMP Negeri 9 di Distrik Kwamki Narama ludes dilalap jago merah. Gedung itu diduga dibakar Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), pada Minggu, 18 September 2022, sekira pukul 12.30 WIT.

Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra melalui Kapolsek Kwamki Narama, Ipda Bambang Triyatwoko membenarkan kejadian itu.

“Betul, gedung SMP Negeri 9 Timika dibakar diduga kondisi ODGJ. Kami mendapatkan informasi itu dari radio koleng sekira pukul 12.50 WIT, ” saat dikonfirmasi Antarpapuanews.com via telepon, Senin (19/9/2022).

Bambang mengatakan, usai mendapatkan informasi, pihaknya langsung ke TKP sambil menghubungi Damkar untuk memadamkan api.

Dilanjutkan, sekira pukul 13.05 WIT, 2 unit mobil Damkar Timika tiba di TKP dan pukul 13.30 WIT api berhasil dipadamkan. Penyebab kebakaran diduga dilakukan salah seorang masyarakat Kampung Olaroa, Distrik Kwamki Narama insial HO.

“Didukung juga menurut beberapa saksi yang berada di lokasi, terduga memiliki gangguan jiwa, sehingga sering meresahkan warga di sekitar lokasi kejadian,” ujarnya.

Bambang mengatakan, pihaknya belum melakukan penahanan terhadap insial HO, karena menurut masyarakat sekitar yang bersangkutan kondisi gamgguan jiwa.

“Terduga pelaku dimungkinkan akan melakukan tindakan yang serupa apabila dibiarkan berkeliaran dan tidak ada penanganan dari keluarga maupun dari Dinas Sosial Kabupaten Mimika,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP N 9 Timika, Martha Welma Benamen mengatakan, ruang perpustakaan yang terbakar ini sudah beberapa kali kemalingan dan pelaku ini sering duduk di depan halaman sekolah.

“Karena orang tersebut memiliki gangguan jiwa jadi tidak bisa ditegur. Bahkan ia sering membuat keributan di sekolah ini,” bebernya.

Salah satu warga Kampung Olaroa, Neti Wamang mengatakan, sebelumnya terduga pelaku itu ke sekolah menggunakan ojek dan masuk ke sekolah

“Selang beberapa menit, pelaku keluar sambil berteriak ada bakar sekolah, sebanyak 3 kali sambil berjalan kaki,” terangnya.

Lanjutnya, pada saat ia mendengar teriakan tersebut, saksi memutuskan untuk mengecek ke sekolah, karena penasaran, dan mendapati sudah ada asap yang keluar dari dalam sekolah.

Kemudian pelaku sudah tidak terlihat berada di lingkungan sekolah. “Adapun yang terbakar yakni, buku pelajaran Tahun 2022 dari YPI Kuala Kencana, 3 unit lemari, 20 buah kursi, meja 2 buah dan karpet. Untuk total kerugian belum diketahui, karena belum ada informasi resmi dari pihak sekolah.” tutupnya.

Penulis: AbiEditor: Sani
%d blogger menyukai ini: