fbpx

Gaungkan PON XX di Mimika, Sub PB PON akan Gelar Pentas Seni dan UMKM

Timika, APN – Panitia Sub PB PON Mimika akan menggelar Gebyar PON XX untuk memeriahkan sekaligus menyambut pelaksanaan PON XX 2021 di Mimika.

Koordinator Bidang Upacara Sub PB PON XX Mimika, Handry Titaley menyebutkan Gebyar PON XX termasuk dalam tujuh kegiatan yang menjadi tugas timnya di perhelatan olahraga akbar ini.

Ketujuh kegiatan tersebut yakni, Gebyar PON, Kirab Api PON, Penyambutan dan Pemulangan Kontingen, Jamuan Makan Malam, Upacara Penaikan Bendera Kontingen, Upacara Pembukan dan Penutupan Cabang Olahraga, dan yang terakhir yakni Upacara Penghormatan Pemenang.

Beberapa rangkaian kegiatan yang sudah disiapkan kata Handry dapat disaksikan warga, untuk menghibur sekaligus meningkatkan ekonomi warga juga nilai historis.

Bidang Upacara Sub PB PON XX usai mengikuti kegiatan Papua Open 2020 (Foto: Istimewa)

“Untuk Gebyar PON, akan dilaksanakan Bulan Juni, besok. Ini meriah, karena melibatkan unsur UMKM,” jelasnya saat ditemui Wartawan usai Rapat Koordinasi Bidang I Sub PB PON Mimika di salah satu hotel yang terletak di Jalan Hasanuddin, Rabu (19/5/2021) malam.

Pada kegiatan Gebyar tersebut akan diisi dengan lapak karya seni dan souvenir PON lainnya akan digelar di sini. Handry mengaku pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Bidang Sosial Ekonomi dan Bidang Pemasaran Sub PB PON XX Mimika.

“Gebyar PON XX ini untuk menggaungkan suasana PON dan menghidupkan UMKM. Tetapi ini tentu dilakukan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Tanggal pelaksanaan akan kami umumkan usai kegiatan exercise venue ini, pelaksanaannya hanya satu hari,” imbuhnya.

Kegiatan lain yang akan dilakukan pihaknya adalah Kirab Api PON, yang akan melibatkan klub motor, sepeda, pelajar juga TNI-Polri.

Ditanya terkait dengan Api Obor, Handry menyebut jika obor akan tiba di Timika pada September, selanjutnya akan diarak mulai dari Kuala Kencana menuju Timika dan berakhir di Kantor Pusat Pemerintahan.

Api juga akan melewati lima wilayah adat Papua, yang meliputi Kabupaten Biak (Saereri), Wamena (La Pago), Mimika (Mee Pago), Merauke (Anim Ha), Kota Jayapura, dan Kabupaten Jayapura (Mamta).

“Di Timika, api ini diharapkan melewati berbagai venue PON sebagai simbol semangat juang para atlet,” tutupnya. (Aji-cr01)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: