Gas Melonjak Akibat Kenaikan Harga Gas Dunia dan Jasa Ekspedisi - Antar Papua News -

Gas Melonjak Akibat Kenaikan Harga Gas Dunia dan Jasa Ekspedisi

Area Manager Communication, Relations & CSR Papua Maluku Edi Mangun. (Foto: Wahyu/APN)

Timika, APN – Kenaikan harga gas disebabkan oleh kenaikan harga gas dunia dan mahalnya jasa ekspedisi khususnya untuk Wilayah Papua. Saat ini harga gas di Indonesia sedang melonjak, kenaikan harga ini disesuaikan dengan kenaikan harga gas secara global. Karena mayoritas gas dunia berasal dari Rusia. Akibat perang antar Rusia dan Ukraina, harga gas dunia pun langsung mengalami kenaikan.

“Jadi kenaikan harga itu maka kita juga perlu melakukan penyesuaian,” kata Area Manager Communication, Relations & CSR Papua Maluku Edi Mangun, kepada wartawan saat ditemui di Pasar Sentral, Jum’at (22/7/2022).

Edi mengatakan, harga elpiji yang melunjak di Papua khususnya Mimika selain beberapa hal diatas, juga disebabkan karena mahalnya jasa ekspedisi. Diketahui, rata-rata pengiriman gas elpiji di Papua berasal dari Surabaya dan Makassar.

“Lewat transportasi laut, karena dia tidak disubsidi maka ongkos transportasi itu dibebankan kepada konsumen,” kata Edi.

Kendati jarak yang jauh, Edi mengungkapkan, saat ini sedang dibangun Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) di Jayapura. Dengan adanya SPBE tersebut dikatakan Edi akan mengurangi beban konsumen dari sisi pembiayaan transportasi jasa ekspedisi.

“Mudah-mudahan kalau bisa jadi tahun ini atau dalam waktu dekat itu akan memperpendek jarak distribusi dan transportasi, otomatis itu akan mempengaruhi turunnya harga,” ujar Edi.

Edi mengimbau agar semua pihak dapat menjaga BBM bersubsidi. Menurutnya, saat ini pemerintah sedang berupaya untuk menolong rakyatnya, salahsatunya dengan program BBM bersubsidi. “Kalau dicuri terus negara kesal ya dia cabut,” pungkasnya.

Penulis: WahyuEditor: Aji
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: