fbpx

Enam Kasus Kusta Belum Sembuh di Tahun 2020 Dilanjut Perawatannya di Puskesmas Wania

Timika, APN – Sedikitnya masih ada 6 penderita Penyakit Kusta yang dalam tahun 2020 masih terus menjalani perawatan akan dilanjutkan di tahun 2021 ini di Puskesmas Wania. Sebelumnya penderita penyakit Kusta di Puskesmas Wania ini ada 20 orang yang rata-rata orang dewasa, tetapi dalam perawatannya sudah sembuh 14 orang dan sisanya 6 orang.

“Mereka masih akan tetap kami tangani diawal tahun 2021 ini,” jelas Penanggung Jawab (Pj.) Penyakit Kusta Puskesmas Wania, Novita P. Kalundu, AMK di ruang kerjanya, Senin, (4/1).

Dijelaskan Novita, penyebab dari kasus kusta ini sendiri adalah bakteri Mikrobakterium Leprae. Bahkan untuk wilayah Puskesmas Wania sendiri, kasus penderita kusta yang paling banyak ada di Kelurahan Kamoro Jaya.

Ditanya untuk penanganan penderita penyakit Kusta di tahun 2021 ini akan dilakukan seperti apa, lalu Novita menjelaskan pihaknya harus turun ke lapangan kalau tidak ada pandemi lagi. Namun karena saat ini masih dalam situasi Pandemi Covid-19 maka kita belum bisa turun ke lapangan, ” jelasnya.

Dirinya juga berpesan agar masyarakat menyadari, terutama para pasien penderita Kusta-nya sendiri agar yang bersangkutan harus rajin untuk datang berobat dan rajin minum obat sesuai anjuran dari pihak Puskesmas. (Anis-cr02).

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: