fbpx

Enam Fraksi Dukung Pembentukan Dua Ranperda Penyertaan Modal

Suasana rapat paripurna Ranperda Non APBD (foto: Mercy/antarpapuanews.com)
Suasana rapat paripurna Ranperda Non APBD (foto: Mercy/antarpapuanews.com)

Timika, antarpapuanews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mimika melaksanakan Rapat Paripurna II masa sidang III DPRD terkait pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Mimika terhadap rancangan peraturan daerah non APBD Kabupaten Mimika tahun 2020.

Rapat paripurna yang berlangsung di ruang paripurna kantor DPRD Mimika tersebut yang mana 6 fraksi di memberikan apresiasi serta menyetujui dan mendukung dua ranperda yang diusulkan yaitu penyertaan modal.

Dua Ranperda yang diusulkan terkait penyertaan modal pemerintah kabupaten mimika pada perusahaan PT Papua Divestasi Mandiri didasarkan atas pembentukannya berdasarkan Perdasi Papua nomor 7 tahun 2018, sebagaimana telah diubah dalam perdasi Papua nomor 1 tahun 2020, dan Ranperda tentang penyertaan modal pemerintah kabupaten mimika kepada PT Mimika Abadi Sejahtera.

Pandangan umum fraksi Golkar yang disampaikan oleh Iwan Anwar tentunya mendukung upaya pemerintah terkait penyertaan modal, namun untuk proses penyertaan modal diberikan 3 kali disetiap tahun anggaran, karena saat ini pemerintah tengah fokus pada pandemi covid-19. Sedangkan fraksi NasDem dan Fraksi PDI-Perjuangan mendukung pendirian perusda agar supaya meningkatkan perekonomian dan pendapatan daerah, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Seperti Fraksi Gerindra dan PKB meminta agar pendirian perusda lebih khusus jajaran direksi harus prioritas orang asli Papua, juga pemerintah diminta untuk melakukan pertemuan dengan masyarakat terkait pembagian saham sehingga setelah perusahaan tersebut berjalan tidak terjadi masalah.

Sementara itu, Jawaban pemerintah terhadap pandangan umum fraksi pada rapat paripurna III masa sidang III yang disampaikan oleh Pjs Sekda Mimika Yeni Usmani, yang mana mewakili pemerintah menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada fraksi-fraksi yang mendukung dan menyetujui dua ranperda tersebut.

“Kami (Pemerintah Kabupaten Mimika) menyampaikan terima kasih dan dukungan dari fraksi-fraksi yang beserta masukkan dan kerjasamanya,” kata Yeni, Senin (12/10).

Hadir dalam rapat paripurna, Ketua DPRD Mimika Robby Kamaniel Omaleng, Wakil Ketua I Aleks Tsenawatme selaku pimpinan sidang, Wakil Ketua II DPRD Mimika Yohanis Felix Helyanan, Pjs Sekda Mimika Yeni O Usmani, Pimpinan OPD, Forkompimda. (Mrc)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: