fbpx

Empat Puskesmas di Kota Maumere Jadi Tempat Penyimpanan Vaksin Sinovac

Maumere, APN – Sebanyak empat Puskesmas yang ada di Wilayah Kota Maumere akan dijadikan tempat penyimpanannya Vaksin Sinovac Covid-19. Hal ini disampaikan Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos, M.Si kepada sejumlah Wartawan disela-sela kegiatan rapat penanganan Covid-19 di aula sekretariat gugus tugas Covid-19 di jalan Mawar, Kelurahan Kabor, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, Jumat (8/1).

Dikatakan Roby Idong, bahwa vaksin akan tiba dan langsung di simpan di empat Puskesmas yang sesuai dengan standar yang berlaku, selanjutnya vaksin akan segara digunakan secepat mungkin.

Menurutnya ketersediaan vaksin untuk seluruh NTT sebanyak 13.200 vaksin sinovac. Vaksin tersebut akan didistribusikan ke 22 Kabupaten dan Kota di NTT. Jika melihat total vaksin tersebut memang sangat tidak cukup dengan sebaran penduduk. Namun Pemerintah melalui Satgas Covid-19 telah mengkalkulasi dengan mendahulukan para petugas tenaga medis. Mereka yang harus diutamakan karena langsung bersentuhan dengan Pasien Covid-19, selain itu TNI, Polri, Pol PP, PMI, Tagana, dan relawan serta PNS, para guru dan masyarakat didahulukan yang berusia rentan.


Selanjutnya disinggung soal untuk kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Sikka saat ini, Roby Idong mengatakan bahwa berdasarkan hasil rapat, KBM tetap berjalan baik secara daring dan tatap muka. Untuk di Kota Mauamere dan sekitarnya dilakukan dengan metode Daring, sedangkan untuk KBM di desa-desa dan di daerah pedalaman menggunakan sistem shift yang dibagi dalam beberapa kelompok sesuai dengan jumlah siswa di sekolah tersebut dan di kelas tersebut.

Terkait instruksi Menteri dalam negeri RI tentang PSBB yang telah dikeluarkan Rabu 7 Januari 2021 dijelaskan Bupati Sikka, bahwa pemberlakuan tersebut hanya pada daerah pulau Jawa dan pulau Bali, itu pun hanya di Kabupaten tertentu saja. Sedangkan Di luar pulau Jawa dan pulau Bali, tetap disesuaikan dengan cara menerapan protokoler kesehatan Covid-19 yang ketat diberbagai tempat serta lebih giat secara terus menerus melakukan sosialisasi dengan berbagai cara di berbagai media dan juga berbagai tempat-tempat fasilitas umum.

Hadir pada kegiatan tersebut Sekda Sikka Adrianus Firminus Parera, perwakilan Dandim 1603 Sikka, perwakilan Kapolres Sikka, dan sejumlah pejabat OPD lingkup Pemkab Sikka. (Anton-kr03)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: