Empat Fraksi Terima Dengan Catatan LKPJ Bupati dan Ranperda PP-APBD Mimika 2021 - Antar Papua News -
Berita  

Empat Fraksi Terima Dengan Catatan LKPJ Bupati dan Ranperda PP-APBD Mimika 2021

Bupati Mimika Eltinus Omaleng bersama Ketua, dan Wakil Ketua DPRD Mimika saat menandatangani berita acara pengesahan LKPJ Bupati 2021 dan PP - APBD 2021 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Mimika, Jumat (22/7/2022). (Foto: Anis/APN)

Timika, APN – Seluruh Fraksi di DPRD Mimika menerima LKPJ Bupati Mimika dan Ranperda PP-APBD Tahun anggaran 2021. Sikap DPRD tersebut dinyatakan dalam Paripurna Pandangan Fraksi yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Mimika, Jumat (22/7/2022).

Sebanyak 4 fraksi yang menerima dengan catatan yaitu Fraksi Nasdem, Fraksi PKB, Fraksi Demokrat dan Fraksi Gabungan Persatuan Indonesia. Sedangkan fraksi yang menerima seluruhnya adalah Fraksi Golkar, Fraksi PDIP dan Fraksi Gerindra.

Rapat paripurna pandangan fraksi pada LKPJ Bupati tersebut dihadiri langsung Bupati Mimika Eltinus Omaleng bersama jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika.

Ketua DPRD Mimika, Anton Bukaleng dalam sambutannya mengatakan, DPRD Kabupaten Mimika telah melakukan pengawasan, evaluasi dan kajian secara internal terhadap LKPJ maupun Ranperda Pertanggungjawaban APBD Kabupaten Mimika tahun anggaran 2021.

“Penyusunan LKPJ Kabupaten Mimika tahun anggaran 2021 secara garis besar telah sesuai dengan data dan informasi sebagaimana diamanatkan dalam Permendagri Nomor 18 tahun 2020. secara regulasi dan substansi telah memenuhi kriteria namun masih ada capaian kinerja yang belum sesuai harapan,” ujarnya.

Anton menjelaskan, beberapa catatan rekomendasi yang telah diformulasikan ke dalam program pengawasan DPRD yang sifatnya harus berorientasi kepada tindakan nyata ditujukan kepada pihak yang mempunyai wewenang untuk bertindak.

“Kepada bupati dan perangkatnya diharapkan, catatan rekomendasi dapat dijadikan acuan dalam penyusunan perencanaan, merumuskan kebijakan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan. Catatan rekomendasi yang berupa kegiatan agar segera ditindaklanjuti dalam kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (PPAS) APBD perubahan atau dalam kua dan PPAS tahun anggaran mendatang,” ujarnya.

Antong mengatakan, Fraksi DPRD Kabupaten Mimika dalam pendapat akhir fraksi secara umum telah menyetujui ditetapkannya peraturan daerah pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Mimika tahun Anggaran 2021. Hal ini menjadi dasar dilakukannya persetujuan dan penetapan bersama Pemerintah Daerah dan DPRD terhadap Perda Kabupaten Mimika tentang PP – APBD tahun 2021.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng dalam sambutannya mengatakan, sejumlah

saran masukan dan rekomendasi para anggota dewan merupakan koreksi bagi Pemerintah Daerah selaku pelaksana kebijakan pembangunan. Hal itu akan menjadi prioritas, dan perhatian untuk memperbaiki dan menyempurnakan, perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di waktu yang akan datang.

“Selaku Bupati Mimika, kami juga berharap agar lembaga legislatif selaku mitra kerja pemerintah yang sejajar dalam melakukan pengawasan pembangunan, sehingga kita saling melengkapi, dalam pelaksanaan pembangunan di daerah yang kita cintai ini,” harap Eltinus.

Eltinus mengatakan, peran APBD selaku instrumen fiskal daerah, yang merupakan kerja tahunan Pemerintah Daerah, diharapkan tetap memperhatikan kebutuhan nyata, sehingga dapat dinikmati oleh segenap komponen masyarakat di Kabupaten Mimika. Pembenahan pembangunan di segala bidang harus secara terencana, berkesinambungan dan berkualitas.

“Melakukan pengawasan dan evaluasi yang cermat, terhadap pelaksanaan APBD setiap tahun anggaran berjalan, sehingga pencapaian target program dan kegiatan dapat terwujud dengan baik,” ujarnya.

Penulis: AnisEditor: Sani
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: