fbpx
Berita  

Dukung Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi, PLN Salurkan Bantuan TJSL

Manager PLN UP3 Timika, Martinus Itianto Pasensi bersama Staf dan Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Mimika Alice Wanma dan Staf saat memantau langsung lokasi Hidroponik Indoor Otomatis Dalam Ruangan, Foto : Anis/APN

Timika, APN – Dalam rangka pemulihan Ekonomi Usaha Kecil Menengah pasca gelombang pandemi Covid 19. PT PLN (Persero) UP3 Timika menyerahkan bantuan melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) “PLN Peduli” berupa satu paket Alat Hidroponik Smart Indoor Farming / Hidroponik otomatis dalam ruangan kepada Kelompok Tani setempat di Kelurahan Wonosari Jaya, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Rabu (22/6/2022).

Manager PLN UP3 Timika, Martinus Irianto Pasensi menatakan, Bantuan tersebut, senilai Rp 150.000.000,- yang diserahkan berupa paket yang terdiri dari 4 unit Home Kit 3 tingkat, 1 paket Panel Listrik utama pengatur sistem, Cahaya, udara serta aliran air dan pupuk dengan paket jasa instalasi serta pengiriman dari Jakarta.

“Bantuan ini juga sebagai bentuk tanggung jawab moril terhadap para pelaku usaha tani setelah lepas masa pandemi, untuk membuat giat kembali perekonomian masyarakat melalui suatu hal yang baru, khususnya kelompok tani,” katanya.

Melalui program ini PLN mendukung inovasi untuk meningkatkan kualitas dari hasil panen serta varian jenis sayuran yang ditanam. Dimana sebelumnya para petani dalam kegiatan produksinya membutuhkan lahan tanam kurang lebih seluas 6×15 M diubah dalam ruangan terbatas dan tertutup menjadi 3 x 6 M untuk ± 780 lubang tanam.

Martinus melanjutkan sistem tanam hidroponik yang dipakai adalah Nutrient Film Technique (NFT) yang pengairan, udara dan pencahayaan dikontrol melalui suatu panel listrik otomatis. Sistem pengairan dan udara diatur 24 jam operasi, sedangkan cahaya melalui lampu LED yang diatur 12 jam operasi dari pagi hingga sore hari. Lampu LED tersebut digunakan sebagai pengganti cahaya matahari untuk mendukung proses fotosintesis tanaman.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Mimika Alice Wanma
Apresiasi dan berterima kasih kepada PLN yang sudah mendukung penuh pada pemuliuan ekonomi pasca pandemi.

“Tentu, kedepannya dengan adanya teknologi yang terbilang baru dan canggih ini bisa memajukan ekonomi seluruh petani hidroponik atau petani lain di Kabupaten Mimika. Untuk seluruh petani khususnya generasi milenial dengan adanya teknologi seperti ini menjadi tempat berbagi ilmu dan belajar sebagai percontohan serta uji coba tanaman yang tidak dapat ditanam di Mimika dapat dibudidayakan di dalam ruangan seperti ini,” ujarnya.

Sementara itu, Manager Bagian Keuangan & Administrasi PLN UP3 Timika, Tarmizi Manilet berharap dengan adanya alat tersebut bisa mendukung inovasi pertanian di perkotaan yang didukung langsung oleh sistem otomasi. Terlebih lagi Smart Indoor Farming tersebut merupakan percontohan pertanian didalam ruangan pertama di Papua.

Writer: AnisEditor: Aji

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: