Berita  

Dukcapil Mimika Gelar Sosialisasi Uji Coba KTP-el Digital

Kadis Dukcapil Mimika Slamet Sutejo saat memperagakan pembuatan KTP Digital saat sosialisasi KTP Digital oleh Disdukcapil Mimika di Hotel Horison Diana, Senin (25/7/2022).(Foto: Aji/APN)

Timika, APN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika menggelar sosialisasi uji coba KTP-el dalam bentuk digital. Sosialisasi dilaksanakan di Hotel Horison Diana, Mimika, Senin (25/7/2022).

Ketua panitia kegiatan Iriana Hafidz mengatakan kegaiatan diikuti oleh seluruh Kepala Lurah dan Kepala Distrik se-Kabupaten Mimika juga Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pimpinan Instansi Vertikal dan Organisasi Masayarakat (Ormas).

Materi yang disampaikan berisi tentang Prosedur Operasi Standar (SOP) yang bertujuan agar memberikan pemahaman tentang layanan kependudukan khususnya KTP-el digital.

Selanjutnya, Staf Ahli Bupati Mimika Bidang Ekonomi dan Keuangan, Maria Rettob menyampaikan apresiasi kepada Disdukcapil atas inovasi baru yang terus dilakukan untuk memudahkan masyarakat, dalam kepengurusan dokumen administrasi.

“Oleh sebab itu sosialisasi SOP sangatlah diperlukan agar mengurangi adanya kesalahan dalam tata cara pembuatan Dokumen Adminduk,” katanya.

Maria menambahkan penerapan KTP-el digital adalah upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan kepengurusan seperti perbankan, BPJS, transportasi juga hal lain tanpa harus menggunakan bahkan mengeluarkan KTP-el fisik.

Sementara itu Kepala Dinas Dukcapil Mimika Slamet Sutejo menyampaikan sosialisasi dilakukan untuk membangun pemahaman masyarakat terhadap produk inovasi terbaru Ditjen Dukcapil.

“Perlahan kita akan migrasikan semua KTP-el menjadi KTP digital,” ucapnya.

Slamet menambahkan bagi penduduk yang belum bisa digitalkan maka tetap bisa menggunakan KTP-el fisik. Selain itu bagi mereka yang sudah mendaftar KTP Digital tidak perlu meniadakan KTP el fisiknya.

“Penduduk tidak perlu panik, kalau ada yang tidak bisa digital karena di pedalaman, atau mungkin belum punya hp digital, lanjut usia tidak bisa digital, tidak apa-apa, jadi kalau memang sudah bisa kami digitalkan maka kami digitalkan, kalau belum bisa tetap kita layani dengan KTP-el fisik,” ucapnya.

Slamet menambahkan adanya KTP digital diharapkan dapat menekan biaya pencetakan KTP-el fisik.

“Sehingga kedepan tidak ada lagi KTP rusak, hilang, pindah alamat pun tinggal ganti secara digital, jadi lebih praktis dan efisien, lebih mudah dan cepat,” katanya.

KTP digital tidak hanya memuat KTP-el tetapi juga NPWP, Kartu Keluarga, juga Vaksinasi.

“Kedepan Ditjen Dukcapil akan terus mengembangkan inovasi. Kami (Disdukcapil) berharap secara bertahap bisa dikembangkan dan diberlakukan juga di Kabupaten Mimika, kita akan lakukan terus sosialisasi hingga nanti (pembuatan KTP Digital) dilakukan di Distrik maupun kampung,” jelasnya.

Slamet memaparkan cara mengubah KTP-el ke digital bisa dilakukan secara individu namun masih membutuhkan bantuan dari petugas Dukcapil.

“penginstalan aplikasi Identitas Kependudukan Digital di playstore bisa dilakukan secara pribadi, termasuk melakukan registrasi, masyarakat juga bisa mendatangi kantor pelayanan yang tersebar atau secara virtual (video call), jika mengalami kesulitan,” paparnya.

Writer: AjiEditor: Sani
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: