fbpx
Umum  

Dua Pejuang Merah Putih, Hiasi Gapura Kampung Nawaripi

Timika, APN – Dua piagam pejuang merah putih menjadi hiasan gapura menjadi hal unik tersendiri yang dilakukan oleh warga Kampung Nawaripi dalam menghiasi Gapura kampung mereka guna menyambut HUT RI ke-76.

Kepala Kampung Nawaripi Norman Ditubun mengatakan Pemerintah Kampung Nawaripi Distrik Wania, karena adanya dua piagam merah putih tersebut maka nama gapura yang dibangun adalah Gapura Merah Putih.

Gapura Merah Putih Kampung Nawaripi

“Dua Pejuang Merah Putih, Yaitu Yohanis Aikawe dan Leo Urumami bersama-sama dengan TNI-Polri memperjuangkan Merah Putih di tanah Papua pada beberapa tahun yang silam, yang masih dijajah oleh Negara Kolonial Belanda pada waktu itu,” ujarnya saat ditemui Wartawan di Kampung Nawaripi, Jumat (13/8/2021).

Dua Pejuang Ini adalah warga asli Kampung Nawaripi kata Norman sambil menunjukan Piagam Penghargaan yang diberikan oleh Presiden Seoharto pada tanggal 2 Agustus 1976, dan 13 Oktober 1984.

“Maka setiap Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI, kami di Kampung Nawaripi akan tetap menampilkan Kedua Pejuang Merah Putih ini, yaitu Bapak Yohanis Aikawe dan Bapak Leo Urumami di samping kiri dan kanan Gapura yang dibangun secara permanen, untuk mengenang perjuangan Bapak berdua bersama TNI-Polri pada waktu itu,” jelasnya.

Lebih lanjut, Norman menyampaikan terima kasih kepada semua lapisan masyarakat meski dengan segala macam kesibukan untuk menyambut HUT RI, yaitu dengan membersihkan lingkungan, memasang bendera di setiap rumah tetap bisa bersama-sama mengerjakan gapura.

“Setiap tahun kami akan menggelorakan Bendera Merah Putih dari Nawaripi untuk Indonesia tercinta,” tutup Norman. (Anis-cr02)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: