Dua Lengenda Sepakbola Indonesia Apresiasi Progran PFA PTFI

Rocky Putiray saat ditemui wartawan di Mile 21, Mimika, Papua, Jumat (4/11/2022). (Foto: Aji/APN)

Timika, APN – Duo legenda sepakbola Indonesia yakni Apples Tecuari dan Rocky Putiray mengapresiasi program akademi Papuan Football Academy (PFA) yang dicanangkan oleh PT Freeport Indonesia (PTFI).

“Saya sangat mengapresiasi dan mendukung apa yang dilakukan, seharusnya ide itu dari dahulu dan jangan sampai berhenti di jalan,” ujarnya saat ditemui di sela kegiatan kunjungannya bersama tim asuhannya Waanal Brothers FC, di Lapangan Sepakbole Mile 21, Mimika, Jumat (4/11/2022).

Menurut Rocky PFA bisa menjadi salah satu wadah pengembangan pemain di Indonesia Timur yang menurutnya memiliki kemampuan, dan teknik bermain bola di atas rata-rata.

“Yang dipikirkan (tidak hanya pelatihan) tetapi sampai seberapa jauh (karir) mereka,” ungkapnya.

Rocky yang pernah malang melintang di klub Indonesia dan Asia tersebut mengaku bangga dengan adanya PFA, namun ia berharap ada jenjang lanjutan yang terus diperhatikan.

“Jadi manajemen di PFA atau Asprov juga daerah harus punya perencanaan ke depan dan mau seperti apa, untuk memberikan dukungan, kalau PTFI kan sifatnya suportif atau mendukung infrastruktur dengan segala fasilitasnya, harus ada ide-ide juga dari Askot atau Asprov tadi,” katanya.

Sementara itu apresiasi serupa juga disampaikan oleh legenda lainnya Aples Tecuari yang menilai adanya PFA merupakan hal positif bagi perkembangan sepakbola di Mimika dan Papua pada umumnya.

“Saya percaya talenta Papua, yang harus diperhatikan saat kita membuat sesuatu (program sepakbola) itu harus serius dan terus diperhatikan. Saya yakin kalau diperhatikan dengan serius pasti akan menghasilkan sesuatu,” ucapnya.

Ia mencontohkan sebuah program serius sepakbola yang berhasil adalah program Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Irian yang diikutinya sewaktu masih duduk di SMP.

“Itu kalau serius, saya tiga tahun berlatih (di PPLP) sudah masuk ke timnas senior, pada saat itu. Jadi saya percaya kalau itu ditangani dengan serius pasti akan melahirkan pemain-pemain hebat,” tutupnya.

Penulis: AjiEditor: Sani

Tinggalkan Pesan Anda