Dua Ibu Hamil Meninggal Dunia Sepanjang Tahun 2020 - Antar Papua News -
Tak Berkategori  

Dua Ibu Hamil Meninggal Dunia Sepanjang Tahun 2020

Timika, antarpapuanews.com – Sepanjang tahun 2020 dua orang ibu hamil meninggal dunia, yang pertama di wilayah kerja Puskesmas Timika, disebabkan mengalami Preeklamsia, artinya bahwa ibu hamil dengan keracunan kehamilan yang ditandai dengan tensi tinggi, badan bengkak. Dan yang kedua di wilayah kerja Puskesmas Mapurujaya yaitu karena pendarahan.

“Upaya untuk bagaimana kita mengatasi jangan sampai hal ini terjadi adalah yang pertama dengan asupan gizi, jadi untuk teman teman-teman di program kesehatan ibu dan anak (KIA), tentu mereka selalu kerja sama dengan program gizi, nanti gizi yang punya tugas untuk memberikan atau edukasi kepada ibu-ibu hamil dan keluaraga, karena berbicara tentang gizi harus melibatkan banyak sektor, tidak hanya kesehatan,” ujar Carolina Heatubun, Kepala Seksi Kesehatan Keluarga saat ditemui wartawan di Hotel Grand Tembaga, Jl. Yos Sudarso, Sabtu, (7/11).

Program gizi bekerjasama dengan KIA dalam hal memberikan edukasi ke ibu hamil, dan melakukan konseling atau penyuluhan, bagaimana mengkonsumsi makanan yang bergizi sehingga berguna untuk ibu maupun bayi.

“Sekarang kita di program kesehatan ibu dan anak, yang sebelumnya pemeriksaan 4 kali, sekarang sudah 6 kali, dengan kriteria pemeriksaan pertama, dan pada semester 3 yaitu 7-9 bulan itu harus diperiksa oleh dokter. Sehingga kalau ada kasus seperti ini cepat dideteksi lebih awal dan tindakan yang diberikan juga lebih cepat, sehingga bisa mengatasi jangan sampai ibunya ke tingkat yang lebih parah atau jangan sampai meninggal,” tutupnya. (Aniz)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: