fbpx
Berita  

DPD KKST Kabupaten Mimika Resmi Dikukuhkan

Penandatanganan surat keputusan pengukuhan DPD KKST Kabupaten Mimika yang dilakukan oleh Ketua terpilih dan ketua panitia, yang disaksikan langsung Bupati Buton Selatan dan para hadirin. Graha Eme Neme Yauware, Senin (22/3/2022) malam. Foto: (Wahyu/APN).

Timika, APN – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara (KKST) Kabupaten Mimika periode 2022-2027 resmi dikukuhkan oleh Bupati Buton Selatan, H. La Ode Arusani, di Graha Eme Neme Yauware, Mimika Papua pada Selasa (22/3/2022) malam.

DPD KKST Kabupaten Mimika ini dikukuhkan dengan harapan dapat bergandeng tangan bersama kerukunan-kerukunan yang berada di Timika untuk bergotongroyong memajukan Kabupaten Mimika.

Sejak dibentuk pada tahun 1993, Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara diketahui sempat vakum. Para pengurus yang baru saja dikukuhkan merupakan pengurus lama yang kembali diaktifkan melalui musyawarah daerah (Musda) ke-III DPD KKST.

Ketua terpilih DPD KKST Kabupaten Mimika, Djainudin bin H. Bahri kepada awak media, Senin (22/3/2022) malam mengatakan, usai dilantik kedepannya akan ada banyak program yang akan dilaksanakan. Namun nantinya akan berjalan setelah rapat kerja oleh jajaran pengurus.

“Kami akan melantik pilar-pilar, dimana terdiri dari lima belas ikatan, ditambah dua ikatan dari kota madya kemudian ada enam sub ikatan. Ini diperkirakan akan bertambah sekitar tujuh ikatan lagi yang mau dibentuk,” terang Djainudin.

Dikatakan Djainudin, ranting-ranting yang nantinya akan dibentuk ini bertujuan untuk melebarkan sayap organisasi guna membantu memaksimalkan kinerja induk kepengurusan DPD KKST Kabupaten Mimika itu sendiri.

“Kita buat agar mereka punya dasar bekerja dengan dibuatkan SK kepengurusan. Kita buat legalitasnya supaya dari akar itu tumbuh, akar hingga fondasi. Kalau fondasi sudah kuat dinding akan kokoh. Tanpa fondasi yang kuat tidak akan mungkin itu bisa tercapai,” kata Djainudin.

Sementara itu, Bupati Buton Selatan, H. La Ode Arusani yang berkesempatan hadir dalam acara tersebut menyampaikan rasa Terima kasihnya kepada para pengurus DPD KKST Kabupaten Mimika yang sempat vakum sejak tahun 2011 lalu.

Ia berharap, dengan dilantiknya para pengurus baru ini dapat menjadi payung bagi tujuh belas Kabupaten-kota asal Sulawesi Tenggara yang berada di Kabupaten Mimika.

“Kita berdoa mudah-mudahan ini kerukunan makin erat hubungan dari tujuh belas kota kabupaten,” tutur La Ode.

La Ode sendiri mengaku sangat bangga terhadap jajaran pengurus yang telah melayangkan surat undangan terhadapnya. Ia dengan bersenang hati langsung meresponnya dengan baik dan menghendaki untuk menghadiri undangan itu.

Ia menjelaskan, di Provinsi Sulawesi Tenggara memiliki setidaknya tujuh belas Kabupaten Kota yang bernaung di dalamnya. Menariknya, dari tujuh belas Kabupaten Kota ini dikatakan La Ode, terdapat beragam suku. Dari beragam suku inilah mereka dapat hidup rukun dan damai.

“Sultra itu kan ada tujuh belas kota kabupaten yang berada di Timika ini. Kami disini tujuh belas kota kabupaten itu tidak hanya satu suku, disana kami banyak suku. Maka dengan rumpun-tumpun inilah kami merasa bangga, rumpun inilah dipersatukan oleh kerukunan keluarga Sulawesi Tenggara yang berada di Timika,” jelas La Ode.

Ia juga sangat berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten Mimika yang sudah memfasilitasi acara pengukuhan itu.

“Kami berterima kasih sama pak Bupati Mimika yang sudah memberikan kami fasilitas ini (Graha Eme Neme Yauware) untuk mengukuhkan kerukunan keluarga Sulawesi Tenggara yang ada di Kabupaten Mimika,” pungkasnya.

Acara tersebut berlangsung meriah dengan kehadiran jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Mimika, Ketua DPRD Buton Selatan, La Ode Armada dan juga sekertaris daerah Buton Selatan serta seluruh warga masyarakat Sulawesi Tenggara yang berada di Mimika.

Acara kemudian ditutup dengan sesi foto bersama, promosi bazar panitia untuk pembangunan kantor DPD KKST Kabupaten Mimika dan hiburan-hiburan seperti tarian tradisional asal Papua dan traian tradisional asal Sulawesi Tenggara.

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: