Disnaker Minta Perusahaan di Mimika Berikan Laporan Jika Buka Lowongan Kerja - Antar Papua News -
Berita  

Disnaker Minta Perusahaan di Mimika Berikan Laporan Jika Buka Lowongan Kerja

Kepala Seksi Informasi Pasar Kerja Disnakertrans Kabupaten Mimika. (Foto: Aji/APN)

Timika, APN – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi berharap kepada setiap perusahaan yang ada di Mimika memberikan laporan jika membuka lowongan kerja.

“Kami Dinas mengharapkan kepada teman-teman yang mengeluarkan lowongan tenaga kerja yang membutuhkan tenaga kerja itu agar berkoordinasi dengan Dinas setempat (Disnaker),” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Mimika Paulus Yanengga melalui Kepala Seksi Informasi Pasar Kerja, Martina Amarairu saat ditemui wartawan di ruang kerjannya, pada Kamis (28/7/2022).

Martina melanjutkan koordinasi yang dimaksud dengan menyampaikan berapa banyak tenaga kerja yang dibutuhkan, agar Dinas dapat mencatat berapa banyak tenaga yang bisa diserap.

“Jangan sampai beredar saja tanpa sepengatuhan kami sehingga ada miss (kesalahan dalam proses rekrutmen) sehingga kami sangat berharap hal itu,” katanya.

Martina menyebutkan fungsi Dinas adalah sebagai pengawas sehingga tidak terjadi pelanggaran dalam proses perekrutan. Selain itu agar proses rekrutmen jelas mulai dari awal hingga penerimaan.

Martina juga menyampaikan jika tidak ada laporan kepada pihaknya dari pemberi kerja maka Disnakertrans akan turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan secara langsung.

“Setidaknya ada laporan kepada kami, kalau tidak ada, maka kami akam turun ke lapangan. Kami ada diantara pencari kerja dengan pemberi kerja, jadi kami bisa pantau prosesnya bagaimana atau sudah sejauh apa,” kata Martina.

“Contohnya ada rekrutmen posisi tertentu nah yang dibutuhkan cuma satu sampai dua orang tetapi yang melamar lebih dari itu, dan mereka ini (pencaker) tidak bisa kami tolak, tetapi kan kami bisa arahkan, (kalau tidak diterima) ada kekurangan skill (kemampuan) mereka dimana, jadi kami (Disnakertrans) hadir disitu,” sambungnya.

Penulis: AjiEditor: Sani
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: