fbpx

Diskop Persiapkan Produksi Cinderamata Untuk PON XX

Timika, APN – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskopumkm) Kabupaten Mimika kini mulai mempersiapkan produksi cinderamata seperti tas, souvenir, dan makanan khas guna menyambut PON XX yang rencananya akan diselenggarakan pada Oktober mendatang.

Kadiskop dan UMKM Mimika, Ida Wahyuni menjelaskan pihaknya masuk kedalam kepanitiaan Bidang Pemasaran PB PON XX Sub Mimika. Persiapan produksi souvenir pun sudah dilakukan sejak 2019 lalu dan dikerjakan oleh Kelompok binaan.

Kadiskop dan UMKM Mimika, Ida Wahyuni

Tugas kita itu untuk menyediakan cinderamata, dan beberapa kerajinan tangan serta makanan ciri khas Papua, kita sudah siapkan sejak beberapa tahun lalu, jadi ini perkelompok, mereka lebih dari 5 kelompok, kemudian perorangan ada 16, dan seluruhnya dari sumber daya lokal,” jelasnya saat ditemui Wartawan di Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Mimika, Jumat (26/2).

Ida mengaku bukan hanya Dinas Koperasi dan UMKM saja yang menyiapkan cinderamata, ada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain yang juga mempersiapkan.

Lanjutnya, salah satu cinderamata yang diproduksi adalah noken, yang dibuat langsung oleh kelompok binaan Dinas Koperasi dan UMKM mengandalkan Orang Asli Papua.

Design noken nya itu depannya ada kain katun tebal dengan gambar maskot PON XX disertai logo PON XX dan ada tagline “PON XX Papua Sub Mimika, Torang Bisa,” paparnya.

Ida menambahkan saat ini pihaknya sedang berusaha agar produk bisa legal dengan memiliki izin Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), sehingga industri usaha rumahan nantinya dapat dipasarkan pada saat event PON XX berlangsung di Mimika.

Kita punya olahan makanan susah diterima di toko-toko besar disini karena produk itu belum legal, atau belum ada PIRT nya, makanya untuk saat ini kita sedang berusaha membantu agar semua usaha makanan, termasuk sarang semut punya logo BPOM,” pungkasnya. (Aji-Cr01)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: