fbpx

Diskominfo Gelar Kegiatan Seminar Statistik Sektoral 2020

Timika, antarpapuanews.com – Dalam rangka penyajian data yang valid khususnya statistik lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar seminar statistik sektoral. Kegiatan tersebut digelar di Hotel Grand Tembaga, Senin (23/11).

Ketua panitia kegiatan Samuel More mengatakan kegiatan yang digelar adalah untuk mengetahui peran penting data statistik dalam perencanaan pembangunan yang terarah. Kemudian, pencanangan dimana nantinya data-data sektoral Kabupaten Mimika tahun 2020 akan divalidasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mimika.

Lanjutnya, kegiatan seminar ini bersumber dari APBD dana bagi hasil yang dibebankan dalam DPA Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mimika tahun Anggaran 2020.

Kegiatan juga sekaligus sosialisasi pentingnya peraturan presiden nomor 39 tahun 2019 tentang program Satu Data Indonesia (SDI) yang berkaitan dengan penyelenggaraan tata kelola data dan informasi statistik sektoral. Menurut Samuel, berdasarkan peraturan tersebut, Diskominfo akan dituntut berperan lebih karena sebelumnya penyelenggaraan statistik sektoral dilaksanakan oleh setiap objek atau instansi dan tidak terkoordinir dengan baik.

“Adanya Perpres peran (Kita) Diskominfo menjadi sangat penting karena fungsinya sebagai validator data yang bertanggung jawab terkait kualitas statistik sektoral yang dihasilkan oleh atau instansi selaku produsen data statistik sektoral,” jelasnya.

Ia menjelaskan tujuan dari data statistik sektoral adalah kegiatan yang meliputi upaya penyediaan dan penyebarluasan data, pengembangan ilmu statistik, serta upaya pengembangan sistem statistik Nasional sesuai program SDI.

Sementara itu Bupati melalui Staf ahlinya Paskalis Kirwelakubun mengatakan seminar yang digelar karena masyarakat semakin maju dan cerdas, pandangan publik senantiasa kritis dan opini yang semakin berkembang adalah buah dari dinamika dan dampak langsung dari keterbukaan informasi. Menurutnya masyarakat Mimika cepat belajar dan mengetahui dari apa yang terjadi di daerah lain hal-hal yang positif untuk penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan sehingga tidak mustahil masyarakat menuntut agar kemajuan itu dapat segera diterapkan di Mimika.

Pembangunan yang terus dilakukan berdampak pada munculnya kebutuhan akan informasi statistik atau data yang akurat sebagai dasar perumusan kebijakan di setiap sektor pembangunan.

“Sebagaimana kita pahami kebutuhan data statistik mutlak diperlukan dalam penyusunan suatu rencana kegiatan termasuk program pembangunan tanpa sajian data yang akurat pelaksanaan pembangunan tidak akan mencapai sasaran yang diharapkan dan bahkan menghadapi berbagai hambatan yang serius,” ujarnya.

Karena itu, kata Paskalis penerbitan publikasi data statistik sektoral Kabupaten Mimika tahun 2020 yang menyajikan informasi lintas sektoral diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

“Bupati mengapresiasi semua pihak yang telah terlibat dalam seminar dan penyusunan data statistik sektoral kabupaten Mimika tahun 2020 ini.

Data statistik sektoral merupakan upaya positif yang berguna sebagai dasar untuk membuat kebijakan dan menyusun perencanaan di berbagai bidang pembangunan. Melalui data-data statistik yang tersaji secara lengkap akan diperoleh gambaran representative mengenai sejauh mana kemajuan pembangunan di Mimika.

Seminar data statistik merupakan kompilasi data sektoral yang berasal dari organisasi perangkat daerah instansi vertikal BUMN dan BUMD. Karena itu diharapkan agar data dan informasi yang disajikan dapat memberikan gambaran mengenai berbagai perubahan yang terjadi di setiap sektor kehidupan dan dapat digunakan sebagai acuan untuk pembuatan kebijakan dan perencanaan pembangunan. Maupun untuk mengevaluasi hasil pembangunan yang telah dilaksanakan. (Eye)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: