fbpx

Dishub Diminta Aktifkan Sejumlah Trayek Angkutan Umum

Timika, antarpapuanews.com – Wakil Ketua I DPRD Mimika Aleks Tsenawatme mengharapkan kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika untuk mengaktifkan kembali trayek angkutan umum yang sejak beberapa tahun terakhir tidak beroperasi karena didominasi oleh ojek.

“Jadi berkaitan dengan angkutan umum itu sangat membantu mama-mama kita yang ada dipinggiran kota supaya mereka tidak naik ojek saat bawa jualan ke pasar,” kata Aleks saat ditemui dikantor DPRD Mimika, Rabu (12/8).

Wakil Ketua I DPRD Mimika Aleks Tsenawatme (foto:Mercy/antarpapuanews.com)

Ia menjelaskan, pengaktifan trayek angkutan umum untuk beberapa rute tentunya sangat membantu masyarakat ekonomi kebawa yang mana dalam beraktifitas selalu bergantung pada ojek, yang kalau dilihat dari biaya transportasi terbilang mahal.

“Supaya uang hasil jualan itu mereka tidak pakai untuk bayar ojek lagi, mungkin uang hasil jualan bisa dipergunakan untuk membiayai kebutuhan mereka. Karena kita lihat biaya ojek ini sangat besar,” jelasnya.

Jika diaktifkan kembali, masyarakat tidak mengeluarkan biaya besar untuk beraktifitas. Disisi lain masyarakat akan merasa nyaman menggunakan kendaraan roda empat karena terhindar dari panas dan hujan bahkan bisa mengangkut barang dalam jumlah banyak.

“Kalau ada taksi kan mama-mama ini mereka nyaman tidak kena hujan dan panas, belum lagi barang jualan, jadi kalau ada angkutan umum itu sangat baik,” ungkapnya.

Untuk mengaktifkan ojek-ojek, pihak Disbub bisa mengaktifkan ojek-ojek di lorong-lorong, sehingga tidak mengganggu trayek angkutan umum.

“Kemudian untuk ojek-ojek ini difungsikan dilorong-lorong,” katanya. (mrc)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: