Disdukcapil Musnahkan 3.750 Keping KTP-el Invalid - Antar Papua News -
Berita  

Disdukcapil Musnahkan 3.750 Keping KTP-el Invalid

Pemusnahan KTP-el oleh Didukcapil yang disaksikan ketua KPUD Mimika, di Halaman Kantor Didukcapil Mimika, Rabu (3/8/2022). (Foto: Aji/APN)

Timika, APN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika memusnahkan KTP-el yang telah invalid. Pemusnahan di Halaman Kantor Disdukcapil Mimika, Rabu (3/8/2022).

“Invalid itu artinya kami menarik KTP-el dari masyarakat yang sudah berganti alamat dari tempat satu ke tempat lain, nah itu KTP lamanya kita tarik, digantikan dengan yang baru,” ucap Kepala Disdukcapil Mimika, Slamet Sutejo pada wartawan usai pemusnahan.

Slamet melanjutkan selain mereka yang berpindah alamat, KTP-el yang invalid adalah hasil indah masuk warga dari luar daerah ke Mimika.

“KTP lamanya akan kita tarik dan gantikan dengan yang baru. Ada juga yang KTP lama (sebelum KTP-el) yang kita tarik digantikan dengan KTP-el setelah mereka melakukan perekaman,” ungkapnya.

Slamet menyebutkan pemusnahan yang dilakukan merupakan komitmen dari Pemerintah Kabupaten Mimika untuk menjaga dokumen adminduk dengan baik valid dan tidak dipergunakan oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Pemusnahan ini dilakukan setiap bulan, baik di Kantor Dukcapil Mimika maupun di layanan Paten lain di Distrik, hingga Kampung. Biasanya memang internal kami (Pemkab Mimika) saja seperti inspektorat dan BPKAD namun hari ini spesial karena dihadiri Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mimika,” katanya.

Slamet menjelaskan kehadiran KPU dan Bawaslu sebagai wujud transparansi Disdukcapil Mimika.

“Jadi kami ingin agar dokumen-dokumen seperti ini (adminduk) tidak disalah gunakan oleh orang-orang tertentu atau yang memiliki kepentingan, karena tahapan pemilu sudah dekat,” jelasnya.

Selain KTP-el Disdukcapil juga memusnahkan 547 keping Kartu Identitas Anak (KIA) karena pemegang sudah menginjak usia 17 tahun.

“Jadi mereka kan sudah 17 tahun, jadi kami gantikan dengan KTP-el,” tutupnya.

Hadir dalam pemusnahan tersebut Ketua KPUD Mimika Indra Ebang Ola dan anggota Bawaslu Budi Moechi, Toni L Agapa.

Penulis: AjiEditor: Sani
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: