fbpx

Disdukcapil Mimika Launching Paten Adminduk Distrik Tembagapura

Kepala Dinas Dukcapil Mimika saat menyerahkan secara simbolis salah satu administrasi kependudukan kepada seorang masyarakat Distrik Tembagapura, Luther Bengal, Selasa (25/5/2022) di Tembagapura Foto: Aji/APN

 

Timika, APN – Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) meluncurkan program Paten Adminduk atau program layanan kepenguruaan administrasi kependudukan bagi masyarakat dan karyawan PT Freeport Indonesia yang berada di wilayah Distrik Tembagapura.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Distrik, Tembagapura, wilayah Jobsite PT Freeport Indonesia, Street 11 D, gedung 479 A, Rabu (25/5/2022).

Adapun layanan yang diberikan yakni perekaman, pencetakan KTP-el, biodata penduduk, Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Surat Pindah Penduduk (SKPWNI), Akta Kelahiran, kematuan dan akta pencatatan sipil lainnya.

Pelayanan akan dilaksanakan pada hari kerja Senin-Jumat, mulai pukul 08.00 – 14.00 WIT, karyawan maupun masyarakat hanya perlu datang ke Street 11 D, Gedung 479 A.

Kepala Dinas Dukcapil Mimika Slamet Sutejo mengatakan paten Adminduk diluncurkan guna memudahkan pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat Distrik Tembagapura.

“Pelayanan ini diharapkan bisa memudahkan dan membahagiakan masyarakat terutama karyawan yang tidak perlu lagi turun ke Mimika untuk mengurus administrasi kependudukan,” katanya dalam sambutannya.

Slamet menambahkan untuk saat ini pelayanan adminduk masih di fokuskan untuk Warga Negara Indonesia (WNI), namun kedepan akan dibuka pula pelayanan untuk Warga Negara Asing (WNA) dalam hal Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT).

“Pelayanan adminduk ini permanen, tidak satu dua minggu saja disini, kemudian nanti khusus karyawan kami akan menyesuaikan jam kerja mereka,” katanya.

Menurut Slamet pelayanan adminduk yang diluncurkan merupakan wujud kehadiran pemerintah di Kabupaten Mimika.

“Jadi sementara di Tembagapura, sambil menunggu kesiapan kantor di Banti, jadi kalau koneksi sudah semua siap, kami akan pindah ke Banti,” kata Slamet.

Kadisdukcapil juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran PT Freeport Indonesia yang telah memberikan dukungan sehingga program Adminduk bisa berjalan.

Sementara itu seorang masyarakat asli Papua yang juga tinggal di distrik Tembagapura, Kampung Opitawak Luther Beanal memberikan apresiasi kepada Dukcapil Mimika yang telah mendekatkan pelayanan ke Tembagapura.

“Saya akan sampaikan ke masyarakat juga bahwa ada pelayanan adminduk, biar yang butuh bisa langsung diurus disini, kebetulan saya juga karyawan di PTFI Departemen CLO, yang sering pelayanan di Banti,” ujarnya.

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: