fbpx

Disdukcapil Mimika Lakukan Pelayanan Adminduk di Distrik Hoya

Kepala Dinas Dukcapil Mimika Slamet Sutejo saat memberikan layanan adminduk kepada warga Distrik Hoya. Foto: Istimewa

Timika, APN – Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Kabupaten Mimika kembali melalukan pelayanan ke wilayah pegunungan di Distrik Hoya setelah sebelumnya dilaksanakan di Aroanop dan Tembagapura.

Menurut keterangan tertulis yang diterima antarpapuanews.com pada Jumat (10/6/2022) pagi.

Kepala Disdukcapil Mimika Slamet Sutejo mengatakan Disdukcapil terus Berupaya keras menjangkau dan memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat di Wilayah Pegunungan yang selama ini sulit dijangkau.

“Dalam pelayanannya ke Distrik Hoya, tim Disdukcapil harus menempuh perjalanan menggunakan helikopter,” katanya.

Kehadiran Tim Disdukcapil bersama Kepala Kampung Mamontoga Distrik Hoya Stepanus Uamang disambut antusias oleh masyarakat.

Hal ini terbukti mereka berbondong – bondong datang dari pagi sampai malam hari masih mengantri di Lokasi Pelayanan sejak Tanggal 8-10 Juni 2022 yg dipusatkan di Kantor Distrik Hoya.

“Selama Pelayanan disana Tim mampu melakukan perekaman eKTP perdana di hari pertama sebanyak : 44 orang warga, hari berikutnya perekaman eKTP 90 orang, Total perekaman : 134 Orang warga,” ungkap Slamet.

Dokumen Adminduk pun berupa KTP-el sebanyak 40 keping, KlA 33, Akte Kelahiran 17 dan Kartu Keluarga 18 pun langsung diserahkan.

Kendati demikian krena adanya kendala konektifitas jaringan dokumen lainya yg belum tercetak akan dilakukan pencetakan di Kantor Dinas untuk selanjutnya diserahkan lagi kepada masyarakat oleh kepala Distrik atau juga melalui kepala kampung.

Slamet pun mengapresiasi masyarakat yang telah datang dan antusias dalam melakukan kepengurusan adminduk.

“Atasnama Dinas Dukcapil kami sangat berterimakasih kepada Masyarakat di kampung-kampung di Distrik Hoya, karena sangat Antusias sekali dan memiliki kesadaran tinggi untuk memiliki Dokumen Adminduk spt, eKTP, KK, Akte Kelahiran, KIA. Karena dengan memiliki dokumen tersebut, mereka akan mudah untuk mendapatkan pelayanan publik lainya seperti kesehatan, sekolah, bantuan sosial, tiket pesawat, perbankan serta untuk berobat di Puskesmas, RSMM serta RSUD Mimika,” paparnya.

Stepanus Uamang mewakili Masyarakat Distrik Hoya juga sangat berterimakasih kepada Pemkab Mimika dibawah kepemimpinan Bapak Bupati Dr (C) Eltinus Omaleng dan Wabup Jhon Rettob yang terus berusaha mendekatkan & menjangkau Pelayanan kepada masyarakat.

“Terima kasih juga buat Dukcapil Mimika yg hadir langsung Jemput Bola dengan “Program Jempol Adminduknya” ini Luar biasa sekali, karena kalau kami charter choper dari Hoya ke Timika itu bayar 50 jt rupiah satu kali jalan hanya muat 6 orang penumpang, sehingga Masyarakat juga susah uang, dan biaya untuk bisa urus adminduk ke Kota. Tetapi hari ini mereka Dinas Dukcapil yg langsung Hadir Pelayanan disini. Terima kasih banyak Dukcapil,” ujarnya.

Masyarakat kata Stepanus juga sangat mengharapkan pembangunan lapangan terbang di Hoya bisa segera diselesaikan.

“Supaya Masyarakat tidak susah untuk akses ke Timika, sehingga Pembangunan dan Pelayanan Pemerintah bisa Lancar serta pengembangan potensi pertanian, perkebunan dan ekonomi di Distrik Hoya bisa Maju dan Berkembang,” tutupnya.

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: