fbpx

Disdukcapil Datang, Masyarakat Kokonao Ramai-Ramai Urus Adminduk

Kepala Disdukcapil Mimika Slamet Sutejo saat memberikan KK kepada salah seorang warga yang melakukan perbaikan data adminduk, di Kokonao, Mimika Barat, Selasa (13/4/2022). (Foto: Aji/APN)

Timika, APN – Masyarakat Kampung Kokonao, Distrik Mimika Barat ramai-ramai mengurus Administrasi Kependudukan (Adminduk).  Hal tersebut terjadi setelah adanya kunjungan dari tim Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika ke Kokonao, Selasa (13/4/2022).

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Mimika, Slamet Sutedjo mengatakan ini kali kedua Kokonao menjadi tujuan dari tim Dukcapil untuk kegiatan yang sama yakni pelayanan Adminduk.

“Rencananya pelayanan akan dilaksanakan hingga menjelang berbuka puasa,” katanya saat ditemui di kantor Distrik Mimika Barat lama.

Slamet mengungkapkan Kokonao menjadi salah satu target  untuk pengadaan alat perekaman, bersamaan dengan Atuka pada 2023 mendatang.

“Karena dua distrik ini jaringan internetnya bagus 4G semua, kita mengharapkan teman-teman dari distrik juga bisa mengusulkan alat untuk perekaman. Sehingga bisa kita tempatkan personil Disdukcapil di sini bersama-sama dengan pegawai distrik untuk melayani disini sehingga semakin dekat,” ungkapnya.

Sambil menunggu rencana dari Kominfo yang akan membangun BTS di beberapa titik di distrik tahun ini agar bisa digunakan untuk peningkatan kualitas publik kepada masyarakat khususnya kepengurusan Adminduk.

“Alhamdulillah hari ini juga banyak masyarakat yang meskipun dalam rangkaian paskah namun mereka juga menyempatkan diri untuk mengurus adminduk kita sangat apresiasi kepada masyarakat, distrik dan kepala kampung sudah mengumumkan ke masyarakat di Kokonao khususnya,” pungkasnya.

Slamet berharap kantor distrik yang sudah bagus dibangun oleh Pemkab Mimika bisa difungsikan dengan pelayanan adminduk sehingga semakin banyak aktifitas di Distrik dan bisa melayani masyarakat.

Ida, seorang warga asli Kamoro yang datang ke Kantor Distrik Lama tempat pelayanan adminduk dilakukan mengatakan sangat rindu dengan adanya pelayanan adminduk untuk masyarakat.

Ida bahkan berharap agar kedepan distrik dapat memeberikan layanan adminduk, sehingga masyarakat tidak perlu lagi ke kota atau menunggu tim Dukcapil datang memberikan layanan.

“Ini kami punya kerinduan jadi kalau ada petugas yang datang disini sangat bagus, karena kami mau ke kota susah sekali ongkos mahal,” tutupnya.

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: