fbpx

Disdik Segera Tetapkan DNT Siswa SMP

Kepala Seksi SMP Disdik Mimika, Manto Ginting

Timika, APN – Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika akan melakukan penetapan Daftar Nominasi Tetap (DNT) untuk peserta ujian sekolah tingkat SMP. Penetapan DNT akan dilakukan pada 21 Maret 2022 mendatang.

“Kita (Seksi SMP-red) akan tetapkan DNT. Kalau saat ini masih menggunakan Daftar Nominasi Sementara (DNS), jadi sekolah-sekolah masih verifikasi, mana anak yang sudah keluar atau mana yang belum masuk di Daftar Pokok Pendidikan (Dapodik),” ungkap Kepala Seksi SMP Disdik Mimika, Manto Ginting saat ditemui di salah satu hotel yang terletak di Jalan Budi Utomo, Mimika, Kamis (10/3/2022).

Menurut Manto, penetapan DNT tersebut penting dilakukan sebelum ujian kelulusan sekolah dilaksanakan.

“Jadi yang ikut ujian kelulusan sekolah itu hanya anak yang masuk di DNT saja. Sehingga jangan sampai terjadi anaknya tidak ada di DNT. Karena DNT ini kan asalnya dari Dapodik, jadi kami (Dinas) hanya cetak (Dapodik) lalu bagikan ke sekolah untuk mereka verifikasi,” jelasnya.

Manto menjelaskan, pada masa pandemi tidak ada UNBK, sehingga kelulusan tergantung oleh sekolah.

“Penilaiannya ada standar dari kita, sesuai dengan kurikulum pandemi yang telah kami tetapkan. Nanti untuk UAS ini kami akan kumpulkan guru-guru untuk menyusun (materi dan penilaian UAS-red) menjadi standar Kabupaten,” jelasnya.

Manto menambahkan, sesuai aturan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan disebutkan kabupaten berhak menentukan sendiri standar kelulusannya.

“Kita akan susun soal bersama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) kemudian nanti masternya itu kami berikan ke sekolah, nanti sekolah yang memilih mau pakai yang mana,” tutupnya.

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: