Dinkes Provinsi Papua Orientasi Penjamah Makanan - Antar Papua News -
Tak Berkategori  

Dinkes Provinsi Papua Orientasi Penjamah Makanan

Timika, antarpapuanews.com – Dinas Kesehatan Papua lakukan orientasi pembinaan dan pelatihan penjamah makanan dengan pengelola pangan yang ada di wilayah Kabupaten Mimika. Mimika menjadi satu Kabupaten di Papua yang dipilih untuk pelaksanaan PON untuk beberapa cabang olahraga.

“Pada prinsipnya bahwa makanan yang disiapkan harus betul-betul aman, dalam hal ini artinya bahwa harus sehat dan higienis untuk dikomsumsi. Tamu yang datang pada perhelatan PON dan Pesparawi tahun 2021 nanti dalam jumlah cukup besar yang akan dijamu dan dilayani oleh penjamah makanan ini, baik restoran, rumah makan, dan catering atau jasa boga,” ujar Fery D Matindom, ST, Msi selaku Kepala seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja, dan Olahraga Dinas Kesehatan Provinsi Papua saat ditemui di Hotel Horizon, Jl. Hasannudin, Jumat (6/11).

Para pengelola perlu dilatih agar ketika ada pelaksanaan event pengelola tidak kaku, tetapi minimal sudah punya pengetahuan dan benar-benar untuk menangani makanan yang akan dikelola pada event PON maupun Pesparawi tersebut.

“Setelah kegiatan ini, akan dilanjutkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika untuk melatih sampai dengan pedagang kaki lima dan diikuti dengan stikerisasi, yaitu bahwa makanan ini layak untuk dikomsumsi, baik makanan nasional maupun makanan lokal,” jelasnya.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan agar ketika sudah dapat pengetahuan dasar, bisa mensosialisasikan apa yang didapat dari kegiatan ini, untuk karyawan yang lain bisa mengetahui cara penanganan makanan yang benat, sehat, dan higienis.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberi pemahaman kepada penjamah makanan, bagaimana melalui tahapan-tahapan ketika mereka menyiapkan makanan itu, untuk masyarakat terutama untuk persiapan dua event besar kita nanti, yaitu event PON dan Pesparawi,” tambahnya.

Untuk itu dana APBN dari pusat ini menganggarkan untuk mengumpulkan penjamah makanan baik itu restoran, rumah makan, catering atau jasa boga agar diberikan orientasi terkait bagaimana cara mempersiapkan makanan yang layak untuk dikomsumsi. (Aniz)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: