Dinkes Giat Evaluasi Lanjutan Program Pokok Kesehatan - Antar Papua News -

Dinkes Giat Evaluasi Lanjutan Program Pokok Kesehatan

Reynold Rizal Ubra Kepala Dinas Kesehatan Kab. Mimika Saat foto Bersama Seluruh Peserta Puskesmas Kab. Mimika, Jumat, 23/10/2020 di Hotel Grand Tembaga

Timika, antarpapuanews.com – Reynold Rizal Ubra, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Mimika, mengatakan di Hotel Grand Tembaga, Jln. Yosudarso. Bahwa Dinas Kesehatan melakukan kegiatan lanjutan Evaluasi Program KIA, GIZI, PROMKES, KESLING, LANSIA Tahun 2020 di Hotel Grand Tembaga, Jumat (23/10) di Jl. Yos Sudarso.

Tujuan kegiatan ini dilakukan untuk melihat sejauh mana program pokok yang diselenggarakan Puskesmas tahun 2020 di tengah pandemi covid-19, kegiatan ini melibatkan 23 Puskesmas yang ada di seluruh wilayah Kab. Mimika.

“Kalau memang ini terpenuhi maka kami akan melihat prosesnya. Apakah pada proses tersebut salah satunya proses pendekatan yang dilakukan sesuai atau tidak dengan sumber daya yang tersedia, atau kearifan dengan sumber daya lokal yang ada”, kata Reynold saat diwawancarai antarpapuanews.com seuasi kegiatan.

Cakupan tersebut menjadi target pada 5 program pokok Puskesmas. Nantinya akan dibandingkan dengan hasil cakupan tahun 2018 dan tahun 2019.

Dari hasil evaluasi tersebut akan dijadikan data untuk peningkatan strategi program pokok di tahun 2021. Contoh dari data yang ada sebelumnya kematian ibu dan anak masih sering terjadi, gizi masyarakat masih rendah, penyakit menular masih tinggi dan karena lingkungan diare dan ispa masih tinggi.

“Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan cakupan dari program tersebut sekurang-sekurangnya adalah 85%.” Ucapnya.

Reynold juga mengatakan paradigma ini harus dirubah dengan cara Puskesmas sebagai penyelamat orang sehat bukan menyelamatkan orang sakit yang masih dilakukan sampai saat ini. Caranya adalah menjemput bola dari rumah ke rumah untuk memeriksa terhadap orang sehat agar tidak sakit.(Aniz)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: