Dinkes Akan Terima Tiga Klinik Hibah, Dari PTFI - Antar Papua News -
Tak Berkategori  

Dinkes Akan Terima Tiga Klinik Hibah, Dari PTFI

Timika, APN – Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika akan mendapatkan tiga klinik baru dari PT Freeport Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Reynold Ubra membenarkan jika PT Freeport Indonesia (PTFI) akan menghibahkan klinik kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika. Klinik yang dihibahkan sebanyak tiga klinik yakni Klinik Mapurujaya, klinik SP 9, dan SP 12 .

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Reynold Ubra

“Jadi sebenarnya tiga klinik akan dihibahkan tahun lalu, tetapi karena covid penandatanganan sekaligus seremoni penyerahan dari PTFI ke Pemkab terlambat,” katanya kepada Wartawan, Rabu(2/6) di ruang kerjanya.

Lanjutnya, menurut rencana penyerahan tiga klinik tersebut akan dilakukan pada Juni mendatang.

“Walaupun tahun ini kita (Dinkes) masih sibuk dengan vaksinasi yang terus bergulir dari Januari serta dengan persiapan-persiapan PON, mudah-mudahan Juni bisa diselesaikan (Hibah), tetapi surat ijin operasional dari Bupati Mimika untuk tiga klinik ini sudah diterbitkan sejak tahun lalu,” ungkapnya.

Rey menjelaskan jika tiga klinik tersebut tetap memiliki fungsi yang sama, Hibah yang dilakukan hanya merupakan pendelegasian kewenangan. Sementara PTFI tetap memberikan dukungan operasional jika terdapat hal-hal yang dibutuhkan.

“Jadi sebenarnya fungsinya tetap sama, hanya pendelegasian kewenangan saja, PT Freeport tetap mensupport operasional dan hal-hal yang kurang, karena di dalamnya masih ada karyawan PTFI, ini merupakan sebuah bentuk kolaborasi, dan hal ini merupakan kolaborasi yang baik,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan, tenaga kesehatan dari Dinkes juga sudah ada di klinik tersebut, hanya status kepemilikan saat ini secara legal masih milik PT Freeport, nanti setelah seremoni untuk serah terima baru menjadi milik Pemda Mimika dalam hal ini Dinas Kesehatan. (Aji-cr01)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: