Dinkes Ajak Lintas OPD Susun Revisi Perbup Soal Stunting – Antar Papua News -
Berita  

Dinkes Ajak Lintas OPD Susun Revisi Perbup Soal Stunting

Suasana pertemuan penyusunan regulasi baru yang digelar oleh Dinkes Mimika di Hotel Grand Tembaga, Mimika, Kamis (22/9/2022). (Foto: Aji/APN)

Timika, APN – Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika mengajak Dinas Sosial, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) untuk menyusun revisi aturan bupati berkaitan dengan stunting di Kabupaten Mimika, kegiatan penyusunan tersebut digelar di Grand Tembaga, Kamis (22/9/2022).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Leni Silas selaku ketua panitia mengatakan penyusunan aturan bupati merupakan pertemuan atau langkah keempat.

Pertemuan digelar untuk menentukan aturan yang lebih spesifik tentang  percepatan penurunan stunting di Kabupaten Mimika dengan menyesuaikan adanya Peraturan Presiden no 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stuntung.

“Dengan adanya Peraturan Presiden no 72 tahun 2021 tentang percepata  penurunan stunting maka peraturan Bupati no 27 tahun 2020 tentang penanganan stunting di Mimika perlu disesuaikan. Hal tersebutlah yang mendasari perlunya pertemuan penyusunan regulasi (aturan) yang sesuai dengan peraturan presiden tersebut,” katanya.

Pertemuan diharapkan menghasilkan diterbitkannya regulasi tentang perecepatan penurunan stunting sesuai dengan perpres berupa revisi peraturan bupati, atau surat edaran, selanjutnya aturan yang dihasilkan akan menjadi dasar rencana aksi penanganan stunting di Mimika.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Mimika Reynold Ubra mengatakan percepatan penurunan stunting bisa lebih cepat, jika dilakukan tidak hanya oleh Dinas Kesehatan, tetapi juga didukung oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lain.

“Dalam pertemuan ini kami melakukan penyusunan regulasi yang merupakan aksi keempat dari upaya percepatan penurunan stunting yang melibatkan Dinas lain dan sektor terkait lainnya,” ujarnya.

Kendati demikian menurut Rey di Kabupaten Mimika sendiri sudah memiliki empat aturan yang telah diterbitkan oleh Bupati Mimika, sehingga ia berharap hasil perumusan aturan yang akan diterbitkan bisa lebih khusus atau spesifik.

“Di Mimika kan sudah ada dua Perbup, dan dua SK yang mengatur tentang percepatan penanganan stunting, tim yang bekerja, juga lokus dan kegiatan, sehingga ini (aturan) nanti lebih spesifik, sehingga setiap OPD di tahun 2023 bisa bersama melakukan intervensi di lokus yang sudah ditentukan,” terangnya. (Aji)

Penulis: AjiEditor: Sani
%d blogger menyukai ini: