fbpx
Berita  

Dinas PUPR Anggarkan Rp 1,9 M untuk Perencanaan Pembangunan Kantor Gubernur Provinsi Papua Tengah

Sekretaris Dinas PUPR Mimika, Inosensius Yoga Pribadi, saat ditemui diruang kerjannya, Senin (28/3/2022).

Timika, APN – Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mimika Inosensius Yoga Pribadi mengatakan anggaran tersebut dikucurkan hanya untuk sebatas pembuatan Survei Investigasi Desain (SID) dan Detail Engineering Design (DED).

“SID dan DED (perencaanaa) ini akan kami siapkan dan serahkan. Anggarannya untuk satu dokumen contohnya kantor gubernur itu Rp 1,9 M,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjannya,” Senin (28/3/2022).

Yoga menambahkan selain perencanaan bakal kantor gubernur, pada anggaran tahun 2022 melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) PUPR juga merencanakan pembuatan dokumen yang sama untuk pembangunan kantor Walikota, Bupati baru dan PUPR baru.

“Nilainya sama (Rp 1,9 M),” ucapnya.

Berkaitan dengan lokasi Yoga menyebutkan tidak tahu lokasi tepatnya kantor yang akan dibangun tersebut.

“Kalau lokasi saya tidak tahu, kalau hasil seminar (SID dan DED) dulu baru kita tahu, kalau kantor PUPR sudah pasti disebelah kantor pemberdayaan masyarakat, jadi semua (lokasi) bergantung kebijakan kepala daerah juga,” ucapnya.

SID atau Survei Investigasi Desain adalah proses survei yang dilakukan sebelum proses penyusunan desain bangunan. Sasaran survei teknis ini adalah untuk mendapatkan data-data, informasi, kondisi, ataupun situasi awal lokasi pembangunan pekerjaan konstruksi yang sebenarnya.

Detail Engineering Design atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan DED merupakan produk dari konsultan perencana, yang umumnya berfungsi dalam membuat sebuah perencanaan gambar kerja detail bangunan, seperti kolam renang, jalan raya, gedung, bendungan, jembatan serta berbagai pekerjaan konstruksi lainnya.

Pada bidang konstruksi, DED bisa berupa gambar detail bangunan atau bestek yang terdiri dari gambar rencana teknis. Gambar rencana teknis tersebut terdiri atas arsitektur, struktur, mekanikal, elektrikal, serta tata lingkungan.

Rencana Anggaran Biaya (RAB) serta Rencana Kerja dan Syarat-Syarat (RKS) juga dimasukkan ke dalam gambar rencana teknis tersebut.

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: