fbpx

Dinas Perikanan Mimika Berikan Bantuan Bibit Ikan ke Lapas Mimika

Timika, APN – Dinas Perikanan Kabupaten Mimika memberikan bantuan 2.000 bibt ikan kepada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Mimika.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mimika Leentje Siwabessy mengatakan bantuan tersebut diberikan setelah pihak Lapas menyurat kepada pihaknya.

“Kami (Dinas Perikanan) juga sudah ada perjanjian kerjasama juga dengan Lapas,” ungkapnya saat ditemui usai Apel Pagi, di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Senin (26/7/2021).

Lanjutnya, Dinas Perikanan akan memberikan sebanyak bibit benih 2.000 ekor ikan nila sekaligus pakan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mimika Leentje Siwabessy

“Diharapkan supaya warga binaan mereka ada kegiatan supaya tidak jenuh. Setelah mereka keluar mereka bisa membuka usaha sendiri, pembudidaya sendiri. Kalau mereka tidak punya lahan mereka bisa dengan cara biflog pakai terpal begitu,” katanya.

Menurut Leentje bantuan yang diberikan bukanlah yang pertama kali, karena pihaknya sudah beberapa kali memberikan bantuan benih dan pakan.

“Kita sering bantu sejak lama. Baik bantu pakan dan benih. Nantinya bantuan ini akan dikelola oleh warga binaan Lapas Timika,” tuturnya.

Ditanya terkait dengan hasil, Leentje mengaku seluruhnya menjadi tanggung jawab Lapas, Dinas Perikanan hanya memberikan bantuan bibit dan pakan.

“Hasilnya sendiri untuk mereka (Lapas dan warga binaan) baik itu konsumsi atau jual untuk menambah perekonomian mereka. Pengaturan selanjutnya oleh mereka,” paparnya.

Halaman yang luas di Lapas menurut Leentje menjadi media yang tepat digunakan untuk melakukan budi daya ikan air tawar.

“Kalau tidak menggunakan kolam galian itu (budi daya ikan air tawar) bisa menggunakan dengan terpal. Karena budidaya ikan paling mudah adalah ikan air tawar. Dan budidaya ini melihat keseriusan orangnya karena ada trik untuk memelihara ikan, bukan hanya diletakkan di dalam air langsung besar sendiri tetapi kan ikan ini juga butuh pakan,” katanya. (Aji-cr01)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: