Dinas Pendidikan Mimika Sosialisasi Pendampingan Akreditasi Sekolah/Madrasah Oleh BAN S/M Provinsi Papua - Antar Papua News -

Dinas Pendidikan Mimika Sosialisasi Pendampingan Akreditasi Sekolah/Madrasah Oleh BAN S/M Provinsi Papua

Timika, APN – Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika, Rabu (22/04) menggelar kegiatan sosialisai pendampingan Akreditasi Sekolah/ Madrasah oleh BAN S/M Propinsi Papua.

“Kegiatan ini berjalan atas jasa kerjasama dari tim akreditasi kabupaten dan pengurus K3S, dan peserta yang terlibat pada kegiatan ini berasal dari dua jenjang sekolah yaitu dari jenjang SD sebanyak 59 sekolah dan SMP 17 sekolah. Jumlah peserta secara keseluruhan yang mengikuti sosialisai ini ada 174 peserta, dengan sumber dana kegiatan sumbangsih para Kepala Sekolah, ” kata Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kabupaten Mimika, Piter Kiriweno, SPd dalam sambuatanya di Hotel Grand Tembaga.

Pada kesempatan yang sama juga Sekertaris Badan Akreditasi Nasional ( BAN) Propinsi Papua, Piter Kakihari bahwa untuk tahun ini di Propinsi Papua mendapatkan jatah 449 sekolah yang akan diakreditasi. Tentu jatah ini sangat kecil dengan kebutuhan yang ada sekarang ini. Kalau kebutuhan yang dihitung sekolah-sekolah yang belum diakreditasi untuk Propinsi Papua, ada kurang ada seribu lebih sekolah.

Peserta Sosialisasi Akreditasi Sekolah/Madrasah di Kabupaten Mimika – Papua. (Foto: Anis_APN)

“Dari 449 sekolah ini, belum diketahui sasaran untuk masing-masing kabupaten mendapatkan berapa, termasuk Kabupaten Mimika juga,” tuturnya.

Sesuai dengan ketentuan Badan Akreditasi Nasional (BAN) pusat, lanjutnya maka dari 449 sekolah ini, ada 300 sekolah yang proses akreditasinya akan dilaksanakan secara luring (luar jaringan) dan 100 sekolah yang dilaksanakan secara daring (dalam jaringan).

Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika, Marten Kanna dalam sambutanya sekaligus membuka kegiatan sosialisai pendampingan akreditasi Sekolah/Madrasah di Kabupaten Mimika tahun 2021 oleh BAN S/M Propinsi Papua mengapresiasi adanya kelompok kerja kepala sekolah (K3S) yang terbentuk satu bulan ini, yang telah sigap melakukan kegiatan dengan mengikut-sertakan partisipasi dari kepala sekolah dan operator sekolah.

“Selama 6 tahun di Dinas Pendidikan kegiatan partisipasi yang menuju kepada pembangunan sumber daya ini, baru kali ini saya lihat, ” ucapnya.

Ia pun berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut kedepannya dan dapat bermanfaat untuk program- program lain demi meningkatkan pembangunan sumber daya manusia, sehingga dapat mendorong juga taraf kehidupan yang lebih baik lagi.

Lanjutnya, Akreditasi itu sangat penting dalam pencapaian sebuah sekolah, banyaknya sekolah-sekolah di Timika yang belum terakreditasi. Itu yang menjadi salah satu kendala bagi sekolah-sekolah negeri dalam memajukan sekolah di Timika yang belum terakreditasi. Itu yang menjadi salah satu kendala bagi sekolah negeri dalam memajukan kurikulum pendidikannya. (Anis-Cr02).

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: