fbpx
Berita  

Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Mimika Bakal Bikin Diklat Sepakbola

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mimika, Yacob Toisuta. (Foto: Aji/APN) 

Timika, APN – Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mimika berencana membuat pendidikan singkat sepak bola bagi pelajar SMP kelas 3 dan SMA kelas 1.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga yang baru saja dilantik Yacob Toisuta menyampaikan pendidikan singkat tersebut akan digelar tahun 2023 mendatang dengan bentuk Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sepak Bola.

“Kami tahun depan akan melakukan PPLP itu jangka pendek saja,” katanya saat ditemui di Gedung Eme Neme Yauware, Mimika, Senin (21/6/2022).

Yacob menambahakan untuk 2022 ini pihaknya akan merombak lapangan sepak bola Sp1 agar lapangan tidak lagi tergenang dan sesuai standar lapangan sepakbola.

“Sesudah lapangan selesai, tahun depan kita akan bikin Danone Cup untuk Provinsi Papua, kalau tidak ada halangan, biasanya itu kan di Jayapura tapi menurut informasi akan diusahakan di Mimika, tugas dinas ini menyiapkan lapangan,” ucapnya.

Menurut Yacob dalam mengembangkan persepakbolaan maka diperlukan ajang seperti PFA yang dilakukan PT Freeport Indonesia juga PPLP yang akan digelar pihaknya.

“Kalau PFA kan jangka panjang, kalau kami jangka pendek, jadi kami akan rekrut anak-anak asli Papua dan pendatang, tapi 70 persen kuota kami pastikan untuk anak-anak Papua,” tegasnya.

Program PPLP pihaknya akan mendatangkan pelatih untuk melakukan rekrutmen.

“Setelah PPLP sepakbola jalan, kita akan melanjutkan ke atletik, jadi memang tidak bisa seluruh cabang olahraga diakomodir di usia dini karena hasilnya tidak akan maksimal, jadi satu dahulu sebagai proyeksi, setelah itu baru lainnya,” ucapnya.

Yacob menegaskan Dinas akan fokus kepada pembinitan atlet muda di Mimika.

“Setelah nanti lolos (PPLP Sepakbola) akan kami suplai ke Persemi, kami akan kirim mereka juga untuk mengikuti turnamen berbagai tingkat mewakili Mimika,” ungkapnya.

Writer: AjiEditor: Sani

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: