fbpx

Dewan Soroti Pemasangan Box Calver Tidak Beraturan

Timika, antarpapuanews.com – Anggota Komisi DPRD Mimika Amandus Gwijangge menyoroti pemasangan box calver pada jalan Cendrawasih yang tidak rata dan memiliki celah yang berpotensi terjadi sedimen atau pengendapan material hasil pembuangan.

“Iya, jadi kita lihat itu kontraktor mereka pasang box calver itu tidak rata, ada yang naik dan ada yang turun,” kata Amandus saat ditemui dikantor DPRD Mimika, Kamis (13/8).

Anggota Komisi C DPRD Mimika Amandus Gwijangge (foto: Mercy/antarpapuanews.com)

Ia menjelaskan, dalam pemasangan box calver, pihak konsultan yang mengetahui batas ketinggian pemasangan box calver harus bisa mengawasi selalu, begitu juga pihak kontraktor yang mengerjakan jangan sekedar menurunkan box calver tanpa memastikan sudah sama rata dengan box calver yang lain atau tidak.

Jangan karena diburu waktu pengerjaan membuat kualitasnya tidak dijamin.

“Yang bertanggung jawab untuk pengerjaan box calver itu harus ada untuk mengawasi, jangan hanya asal pasang,” jelas amandus.

Pemasangan tersebut dilihat sepele, tapi akan berdampak dikemudian hari apabila terjadi sedimen, yang mana akibat pemasangan tidak rata, material yang dibawa oleh air akan mengendap di tempat terendah. Semakin hari terjadi penumpukan maka akan menghambat pembuangan air.

“Ini aliran air, kalau setiap hari terjadi pengendapan material di dalam box calver, akan menghambat jalur air,” ungkapnya.

Untuk itu ia berpesan kepada pihak kontraktor jangan sekedar memasang box calver, pastikan sudah rata dan tidak ada cela. Yang masyarakat butuhkan kualitas dan kuantitas, bukan hanya sekedar kuantitas tanpa melihat kualitas.

“Kita mau itu kualitas dan kuantitas itu sama-sama, jangan hanya kuantitas saja,” pesannya. (mrc)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: