fbpx

Dewan: Perlu Kebijakan Disperindag Atasi Kelangkaan BBM di Mimika

Anggota Komisi B DPRD Mimika, Herman Gafur (Foto: Anis/APN)

Timika, APN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Kabupaten Mimika Herma Gafur meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Mimika secepatnya memastikan penyebab kelangkaan BBM dan segera membuat kebijakan untuk mengatasi kelangkaan BBM.

“Kelangkaan BBM ini bukan hal baru, dan masyarakat kita menunggu ada sentuhan kebijakan dari Pemerintah Daerah khususnya OPD teknis yaitu Disperindag sehingga kelangkaan ini secepatnya harus diatasi,” ujar Herman saat ditemui di Gedung DPRD Mimika, Kamis (2/6/2022).

Herman mengatakan, masyarakat di Mimika hanya bisa mengharapkan Disperindag Mimika untuk mengatasi kelangkaan BBM. Pemerintah harus bisa melakukan mengontrol melalui regulasi.

“Kalau memang persoalan itu ada di Pertamina, maka berikan sangsi pada Pertamina. Kalau, seandainya persoalan ini ada di para pengumpul, atau mungkin dibawa ke kabupaten – kabupaten penyangga, maka tolong ditertibkan. Jangan biarkan begitu saja, seolah-olah melepaskan tanggung jawab,” ujar Herman.

Selain Disperindag Mimika, Herman juga berharap Bupati dan Wakil Bupati bisa memberi atensi kelangkaan BBM di Mimika. Pemerintah harus objektif melihat persoalan, jangan semua kesalahan dilimpahkan ke penjual pengecer BBM.

“Pengecer ini berapa kah? Mereka (pengecer) ini termasuk dalam ekonomi lemah yang sedang mencari nafkah. Tetapi jika terjadunya kelangkaan BBM, mereka (pengecer) dijadikan sebagai sebab kambing hitam dari kelangkaan  BBM,” terangnya.

Herman juga meminta pada setiap Organisai Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Mimika yang diberikan kewenangan memberikan rekomendasi ini, agar lebih memperhatikan asas peruntukan supaya jangan sampai ada pihak – pihak lain yang sengaja untuk manfaatkan rekomendasi itu untuk kepentingan – kepentingan yang pada akhirnya sangat tidak bertanggung jawab dalam rangka menjaga kita punya stok minyak di Mimika.

Writer: AnisEditor: Sani

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: