Dewan: Pemkab Mimika dan Perusahaan Swasta Perlu Membuat BLK Bagi OAP - Antar Papua News -
Berita  

Dewan: Pemkab Mimika dan Perusahaan Swasta Perlu Membuat BLK Bagi OAP

Ketua Komisi C DPRD Mimika, Alosius Paerong, Foto : Anis/ APN

Timika, APN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mimika, Alosius Paerong berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) dan perusahan swasta harus bersinergi untuk membuat Training Center atau Balai Latihan Kerja (BLK) untuk Orang Asli Papua (OAP) agar memiliki keahlian dasar sebelum tterjun bersaing dengan pencaker lainnya sesuai kebutuhan perusahan.

Politisi Asal Partai Perindo, Alosius Paerong mengungkapan, tujuan BLK untuk mencetak tenaga kerja, yang mungkin tidak bisa melanjutkan sekolah karena faktor ekonomi. Sehingga para pemuda OAP punya keahlian untuk masuk ke dalam dunia kerja.

“Nah, dari situ, perusahaan akan mengeluarkan standar kompetensi yang mereka butuhkan dengan standar sekian, dan itu harus dipenuhi,” ungkap Alosius saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (18/7/2022).

Paerong menjelaskan, perusahaan swasta juga perlu mendirikan BLK, baik bersinergi dengan pemerintah atau membuat sendiri. Jika bekerjasama dengan pemerintah maka dibuatkan kontrak, sehingga lulusan BLK bisa bekerja di perusahaan tersebut.

“Selain membuka pelatihan, pemerintah juga perlu membuka lapangan kerja. Kalau tidak membuka lapangan kerja, nanti mereka mau kemana,” ungkapnya.

Paerong menambahkan, untuk melindungi tenaga kerja OAP, DPRD Mimika berencana membuat Perda Inisiatif perlindungan tenaga kerja.

Penulis: AnisEditor: Sani
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: