fbpx

Dewan Minta Sosialisasi Pembangunan Jalan Lingkar Luar Mile 32-Ayuka

Sekretaris Komisi C DPRD Mimika, Marthinus Walilo (Foto : Anis/APN)

Timika, APN – Anggota DPRD Mimika Marthinus Walilo meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika untuk melakukan sosialisasi kelanjutan pembangunan jalan lingkar luar dari Mile 32 sampai Tipuka, Ayuka pada masyarakat sekitar area jalan.

“Sebelum pekerjaan jalan dilanjutkan, perlu sosialisasi dulu. Karena ada warga yang rumahnya di kiri-kanan jalan. Mereka perlu tahu rencana pembangunan sehingga status tanah dan rumah warga dapat diketahui dengan jelas,” kata Marthinus pada wartawan di Kantor DPRD Mimika, Selasa (5/4/2022).

Marthinus mengatakan, sosialisasi penting dilakukan karena menyangkut juga pembebasan lahan. Jangan sampai masyarakat tidak bersedia memberikan lahan mereka untuk jalan. Karena akan banyak masyarakat yang terimbas dari pembangunan jalan tersebut.

“Tim harus sosialisasikan secara baik dan bicarakan baik kepada masyarakat sekitar, karena lahan pekarangan mereka rata-rata sudah ada bangunan rumah tinggal. Tinggal warga mau melepaskan atau tidak kalau tidak ada ganti rugi,”ungkapnya.

Marthinus menjelaskan, pembuatan jalan lingkar luar Mile 32 – Tipuka/Ayuka saat ini sudah sampai di Mile 28. Rencananya Pemkab Mimika melanjutkan pembuatan jalan lingkar luar tersebut tahun ini menggunakan anggaran dari APBD Mimika 2022.

“Pemerintah daerah perlu memikirkan soal ganti rugi tanah dan rumah, apalagi cukup banyak rumah dan tempat ibadah yang sudah dibangun. Harus dilihat dengan baik, jangan sampai menimbulkan masalah di tengah-tengah masyarakat,” pinta Marthinus.

Writer: AnisEditor: Sani

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: